Peristiwa Nasional

Kemenhub Perpanjang Jam Operasional Bandara Selama Lebaran

Jumat, 16 Juni 2017 - 13:11 | 31.51k
ILUSTRASI. Jam operasional bandaa diperpanjang selama Lebaran 2017. (Foto: Dok. Times Indonesia)
ILUSTRASI. Jam operasional bandaa diperpanjang selama Lebaran 2017. (Foto: Dok. Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memberlakukan perpanjangan jam operasional seluruh bandara selama masa angkutan Lebaran 2017. Perpanjangan jam operasional ini dimulai pada H-10 hingga H+15.

"Bandara-bandara besar beroperasi 24 jam dan bandara lainnya hingga pukul 24.00, kami sudah perintahkan kepada stakeholder layanan transportasi udara," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso, Jumat (16/6/2017).

Bandara-bandara besar tersebut di antaranya Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Bandara Halim Perdanakusuma, Bandara Internasional Kualanamu, Bandara Internasional Juanda, Bandara Internasional Ngurah-Rai, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, dan Bandara Sam Ratulangi. 

Sedangkan, bandara yang beroperasi hingga pukul 24.00, contohnya Bandara Adi Sutjipto-Yogyakarta dan Bandara Adi Sumarmo-Solo.

Agus mengatakan perpanjangan jam operasional diberlakukan seiring dengan banyaknya penerbangan tambahan untuk memfasilitasi kebutuhan penumpang. Jumlah penerbangan tambahan sudah mencapai 454 penerbangan domestik dan 122 penerbangan internasional.

Agus menambahkan perpanjangan jam operasional tersebut juga untuk menghindari potensi keterlambatan penerbangan diakibatkan kepadatan pergerakan pesawat. 

"Kalau diperpanjang satu jam saja sudah bisa menampung 30 pergerakan, kalau ditambah tiga jam sudah 90 pergerakan," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES