Ekonomi

Jelang Lebaran, Pemerintah Yakin Harga Pangan Terkendali

Kamis, 15 Juni 2017 - 19:14 | 26.51k
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution (Foto: Dok.TIMES Indonesia)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution (Foto: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution meyakini jika harga kebutuhan pangan akan tetap stabil dan tidak melonjak terlalu tinggi menjelang Lebaran tahun ini.

"Rasanya kali ini kita makin bisa mengendalikan harga pangan," tegasnya, Kamis (15/6/2017).

Menurutnya, beberapa harga komoditas pangan yang beberapa waktu lalu masih relatif tinggi mulai mengalami penurunan seperti cabai rawit, gula dan bawang putih.

Meski demikian, pemerintah juga terus berupaya untuk mengelola harga bahan makanan yang harganya sempat turun di tingkat petani, seperti daging ayam ras dan telur ayam ras.

"Kalau telur ayam dan daging ayam, sempat jatuh (harganya) sehingga di tingkat petani sudah terlalu rendah. Kita membiarkan sedikit naik, supaya balik harganya," imbuhnya.

Darmin mengharapkan harga komoditas pangan yang terkendali ini bisa menekan laju inflasi pada periode Juni 2017, atau setidaknya tidak melebihi inflasi Mei 2017 sebesar 0,39 persen.

"Walaupun kata BI, minggu pertama indikasinya 0,5 pesen, saya bilang tidak, kita akan turun di bawah itu, karena beberapa barang terutama cabai rawit, bawang putih dan gula agak turun," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES