Peristiwa Daerah Jelang Hari Kemenangan

Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan, Permudah Pelayanan Jelang Lebaran 2017

Kamis, 15 Juni 2017 - 12:00 | 23.85k
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang Hendry Wahjuni menunjukkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan. (Foto: Imadudin/TIMES Indonesia)
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang Hendry Wahjuni menunjukkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan. (Foto: Imadudin/TIMES Indonesia)
FOKUS

Jelang Hari Kemenangan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2017, BPJS Kesehatan terus meningkatkan layanannya kepada masyarakat. Berbagai kebijakan khusus akan diterapkan BPJS Kesehatan, sebagai wujud kepeduliannya terhadap pelayanan, kenyamanan dan kepuasan peserta. 

BPJS Kesehatan juga akan menjamin para peserta JKN-KIS, memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana selama masa mudik lebaran. Karena itu, pihak BPJS menghimbau para peserta JKN-KlS yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KlS, yakni Kartu lndonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan Kartu Jamkesmas. 

“Peserta JKN-KlS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KlS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke lGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang Hendry Wahjuni dalam konferensi pers di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang, Kamis (15/6/2017).

Hendry menyebutkan kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan akan berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017. Kebijakan ini memudahkan peserta JKN-KlS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

 Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan. 

“Pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KlS yang sedang mudik dan status Kepesertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif," tambahnya. 

Hendry menyebutkan untuk memudahkan pelayananan, peserta dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, yang bisa didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile ini memberikan berbagai informasi tentang telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasilokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan dan pengecekan iuran perserta.

"Aplikasi ini memastikan pelayanan kesehatan para peserta berjalan lancar,” jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES