Peristiwa Nasional

Layani Pemudik, Pertamina Siapkan Berbagai Strategi Penyediaan BBM

Kamis, 15 Juni 2017 - 16:10 | 32.28k
Ilustrasi mobil tangki Pertamina
Ilustrasi mobil tangki Pertamina

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pertamina menyiapkan berbagai strategi untuk mengantisipasi kebutuhan BBM para pemudik saat Lebaran tahun ini.

Salah satu inovasi Pertamina untuk mengamankan pasokan BBM kali ini adalah pembentukan Satuan Tugas Bahan Bakar Minyak (Satgas BBM) Pertamina. Untuk tahun ini, Pertamina menempatkan 90 motor Satgas BBM di jalur mudik.

"Saya apresiasi inovasi-inovasi dari Pertamina untuk mengamankan pasokan BBM jelang Lebaran 2017. Salah satunya adalah adanya motor yang membawa drum Pertamax dan Pertamax Dex ini," puji Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan.

Pertamina juga menyiapkan mobil tangki sebagai stasiun BBM (Tanki Flow Station) sebanyak 2 unit di Jawa Barat, 9 unit di Jawa Tengah dan 1 unit di Jawa Timur. Mobil tangki ini akan berada di titik rawan kepadatan kendaraan pemudik, seperti di jalur fungsional Brexit sampai Gringsing.

Selain Satgas BBM, Pertamina juga menyediakan 61 titik Kios Pertamax agar pemudik dapat membeli Bahan Bakar Khusus (BBK) Pertamax Series dalam kemasan.

Sementara bagi mereka yang membutuhkan tempat istirahat, Pertamina menyiapkan Serambi Pertamax yang berada di 10 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). 

Tak hanya itu, Pertamina juga membentuk Pos Komando Satuan Tugas (Posko Satgas) untuk pemantauan ketersediaan BBM dan LPG serta kesiapan pelayanan kepada masyarakat konsumen, baik di Kantor Pusat maupun setiap kantor Region Pertamina.

Jika nantinya terjadi lonjakan permintaan BBM oleh konsumen, Pertamina sudah memiliki konsep skenario antisipasi yang disebut Alih Supply Antar Depot (Reguler Alternative Emergency/ RAE Plan). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES