Minggu, 17 Februari 2019
Tekno

Aplikasi "Bantu Rakyat" Atasi Masalah Pemudik di Jalan

Aplikasi Tampilan aplikasi bantu rakyat. (Foto: Iqbal/TIMES Indonesia)
Kamis, 15 Juni 2017 - 00:03

FOKUS BERITA

Jelang Hari Kemenangan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjelang mudik lebaran, kini ada aplikasi Bantu Rakyat yang dapat membantu pemudik menemukan aneka penyedia jasa terdekat. Meliputi tambal ban, abang tukang becak, tukang servis, warung makan, tukang jahit hingga cukur rambut.

Aplikasi yang dibuat oleh CommtIT ini, bisa diunduh secara gratis di playstore. Anda yang tidak mudik, juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menemukan jasa cuci dan setrika baju, tukang batu/kayu, hingga penyedia les privat bahasa, matematika dan lainnya.

Dalam aplikasi tersebut, anda tinggal memilih dan klik menu yang diperlukan. Misalnya, ban kendaraan anda bocor di jalan dan perlu jasa tambal ban terdekat. Anda tinggal klik tambal ban dalam aplikasi tersebut.

Setelah itu, muncul beberapa jasa yang anda butuhkan, lengkap dengan nomor kontak dan rute terbaik menuju ke sana. Begitu juga dengan jasa warung makan, tukang servis dan lainnya.

“Sepertinya belum ada yang memikirkan bahwa usaha rakyat seperti jasa tambal ban, jasa cuci-setrika, abang becak, jasa para tukang kayu, tukang servis pompa, guru ngaji dan lain sebagainya, itu bisa ditemui dengan mudah lewat gadget,” papar Agung Wiendarto, salah satu pemrakarsa aplikasi ini.

Agung menyatakan, aplikasi ini mampu menjembatani konsumen yang membutuhkan jasa usaha rakyat. Karena kita dapat mengetahui keberadaan letak usaha tersebut melalui fitur Global Positioning System (GPS).

Dari sisi lain, pengguna aplikasi ini juga bisa menjadi relawan untuk membantu pemilik usaha rakyat. Karena pemilik usaha rakyat belum tentu tahu dan memiliki gadget untuk mengupload usahanya.

Dijelaskannya, para pemegang gadget adalah relawan Bantu Rakyat. Para tukang itu akan menikmati perjuangan kita tanpa tahu siapa yang promosikan mereka. Dengan demikian, menjadi relawan Bantu Rakyat itu menolong dua pihak secara langsung. (*)

Jurnalis : Muhammad Iqbal
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration