Kesehatan Marhaban Ya Ramadhan

Donor Darah saat Puasa? Ini Waktu yang Tepat

Rabu, 14 Juni 2017 - 12:25 | 36.44k
ILUSTRASI. Donor darah. (Foto: Dok. Times Indonesia)
ILUSTRASI. Donor darah. (Foto: Dok. Times Indonesia)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Donor darah saat puasa tidak akan memperburuk kondisi tubuh. Hanya saja pendonor harus mengetahui kiat-kiat sebeum mendonorkan darahnya. Lalu apa saja yang harus diperhatikan agar puasa tetap lancar meski melakukan donor darah?

Direktur PMI dr Salimar Salim mengatakan donor darah bisa dilakukan kapan saja saat puasa. Namun Anda harus memastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat.

"Saat berpuasa boleh atau saat tidak berpuasa juga boleh. Itu tergantung dari kesiapan tubuh Anda saja," ujarnya dikutip dari Okezone, Rabu (14/6/2017).

Meski bisa dilakukan kapan saja, dr Salimar menjelaskan ada waktu yang direkomendasikan untuk melakukan donor darah saat puasa. Untuk meminimalisir kekhawatiran turunnya kesehatan tubuh, Anda bisa memilih waktu setelah berbuka puasa. Bila dirasa terlalu letih, waktu setelah sahur juga bisa dijadikan alternatif untuk donor darah.

Dr Salimar mengatakan, melakukan donor darah sesaat setelah makan juga mempengaruhi kualitas darah yang Anda donorkan. Sebaiknya pilihlah makanan sehat dengan nutrisi yag baik agar darah yang Anda donorkan juga berkualitas.

"Makanan yang Anda konsumsi akan sangat memengaruhi kualitas darah Anda. Semakin baik Anda menentukan jenis dan jumlah makanan, maka akan baik pula darah di dalam tubuh Anda," katanya. 

Se;ain kedua waktu tersebut, dr Salimar juga membolehkan mendonorkan darah sebelum waktu berbuka. Setelah darah dikeluarkan, Anda bisa langsung berbuka. Setelahnya tubuh Anda memproduksi kembali darah segar yang tentunya sangat baik untuk kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES