Peristiwa Internasional

Ratusan Ton Impor Pangan dari Iran Mengalir ke Qatar

Rabu, 14 Juni 2017 - 03:05 | 34.30k
ILUSTRASI: Buah-Buahan (Foto: Dohanwes)
ILUSTRASI: Buah-Buahan (Foto: Dohanwes)

TIMESINDONESIA, IRAN – Sudah beberapa hari ini ratusan ton impor produk makanan dan buah-buahan dari Iran datang ke Qatar.

Turki juga mengirim bantuan serupa ke Qatar untuk membantu Qatar setelah Saudi Arabia, Bahrain, UAE and Mesir memberlakukan sanksi boikot ekonomi ke Qatar.

"Sampai saat ini setidaknya empat pesawat penuh buah dan sayuran telah dikirim ke Qatar". Demikian pernyataan salah seorang jubir pemerintah Iran yang dilansir Fars News Agency Selasa, (13/6).

Beberapa pengusaha Iran mengekspor produk tersebut melalui Iran Air. Masih ada beberapa lagi rencana pengiriman sesuai dengan permintaan pemerintah dan rakyat Qatar.

Sebuah reportase dari media Iran juga menyebut bahwa sekitar 45 ton 'dairy products' sudah siap dikirim ke Qatar setiap harinya. 

Yang menarik, berita-berita soal bantuan pangan dari Iran tersebut hampir tidak ada yang dirilis dari media Qatar. Namun banyak dari media Iran.

Bandingkan dengan berita bantuan pangan dari Turki. Hampir semua media lokal di Qatar memberitakan hal tersebut. 

Hal tersebut terjadi karena soal sensitivitas politik tentang hubungan politik antara Qatar dan Iran sebagai musuh 'terbesar' Arab Saudi.

Sekadar diketahui, hubungan ekonomi Qatar dan Iran terjadi ketika mereka sepakat untuk berbagi ladang gas di South Pars. Namun, untuk kasus Syiria mereka sangat berlawanan cara pandangnya .

Qatar (dan Saudi Arabia) lebih banyak disebut mendukung kelompok pemberontak yang anti Presiden Bashar al Assad. Sedangkan Iran secara tegas memilih untuk mendukung Presiden Bashar Al Assad. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Doha News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES