Peristiwa Daerah Marhaban Ya Ramadhan

Ramadhan, Siswa SMAN 1 Rogojampi Belajar Kitab Kuning

Selasa, 13 Juni 2017 - 13:56 | 72.03k
Siswa SMAN 1 Rogojampi saat pondok Ramadhan di Pondok Pesantren Adz-Dzikra Muhammad Cheng Hoo, Banyuwangi. (Foto : Dian Efendi/ TIMES Indonesia)
Siswa SMAN 1 Rogojampi saat pondok Ramadhan di Pondok Pesantren Adz-Dzikra Muhammad Cheng Hoo, Banyuwangi. (Foto : Dian Efendi/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bulan Suci Ramadhan dimanfaatkan oleh siswa SMA Negeri 1 Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur, untuk belajar membaca kitab kuning. Kegiatan yang dirangkai dalam pondok Ramadhan tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Adz-Dzikra Muhammad Cheng Hoo, Banyuwangi.

Disini, sedikitnya 324 siswa diajari cara cepat membaca kitab kuning dengan metode Al-Qutub.

Kepala SMA Negeri 1 Rogojampi melalui Ketua Panitia Pondok Ramadhan, Agus Faisol menjelaskan, selain belajar kitab kuning para siswa juga mengikuti seluruh kegiatan pondok. Dengan begitu, diharapkan para siswa bisa lebih meningkatkan iman dan taqwa serta meneladani sikap tawaduk dan akhlakul karimah para santri setempat.

“Selama dua hari siswa tinggal di pondok, salah satu tujuannya supaya siswa merasakan menjadi seorang santri,” jelas Agus Faisol, yang juga guru Bahasa Arab SMA Negeri 1 Rogojampi, Selasa (13/6/2017).

Setelah mengikuti rangkaian kegiatan Ramadhan, diharapkan siswa mampu memperdalam memiliki wawasan yang lebih luas terhadap ajaran Islam.

“Kegiatan ini tentu ada korelasinya dengan proses belajar mengajar di sekolah, seperti meningkatkan ahlakdan ketaqwaan, serta membiasakan perilaku disiplin bagi guru dan siswa,” kata Agus Faisol.

Sekadar diketahui, kegiatan pondok Ramadhan SMA Negeri 1 Rogojampi tahun 2017 ini digelar di dua tempat, yakni di Pondok Pesantren Adz-Dzikra Muhammad Cheng Hoo untuk siswa kelas X, dan dilaksanakan di sekolah untuk siswa kelas XI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES