Gaya Hidup Marhaban Ya Ramadhan

Agar Mudik Aman dan Nyaman, Siapkan Hal Ini

Senin, 12 Juni 2017 - 23:28 | 65.84k
ILUSTRASI. Mudik lebaran. (Foto: Dok. Times Indonesia)
ILUSTRASI. Mudik lebaran. (Foto: Dok. Times Indonesia)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mudik atau pulang ke kampung halaman menjelang Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi di Indonesia. Macet di jalan bukanlah rintangan. Anda yang membawa kendaraan pribadi harus membuat persiapan yang matang agar nyaman dan aman saat di perjalanan. Berikut tips mudik aman dan nyaman.

1. Daftar barang bawaan
Beberapa hari sebelum berangkat, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa. Daftar barang bawaan akan meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.

2. Jadwalkan perjalanan 
Hindari mengemudi pada malam hingga dini hari serta ketika tubuh merasa mengantuk atau lelah. Apabila sedang berpuasa, sebaiknya waktu keberangkatan disesuaikan dengan jam berbuka puasa, atau setelah sahur.

3. Periksa kondisi kendaraan
Pastikan kendaraan dalam kondisi baik. Sebaiknya bawalah kendaraan Anda ke bengkel terdekat untuk check-up mobil secara keseluruhan mulai dari oli (oli mesin beserta oil filter, transmisi, garden, minyak rem, minyak power steering, dll), sistem pendingin mesin, kondisi ban, dan kondisi lampu-lampu.

4. Periksa perlengkapan kendaraan
Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan Anda tersedia. Jangan sampai jika terjadi keadaan darurat Anda tidak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lain-lain di dalam kendaraan.

5. Muatan sesuai kapasitas kendaraan
Muatan berlebih (overload) sangat mempengaruhi kestabilan kendaraan saat melakukan manuver. Kelebihan muatan juga menimbulkan bertambahnya jarak pengereman yang dibutuhkan sehingga menambah potensi bahaya.

6. Bawa peta jalur mudik
Jangan lupa membawa peta jalur mudik karena ini sangat penting dan berguna. Hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail. Ini penting sekali apabila terjadi kemacetan di suatu titik. Dan jangan lupa peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol, dan lainnya.

7. Bawa perlengkapan P3K
Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K Anda. Minyak angin, betadine, dan obat sakit kepala adalah beberapa hal yang harus ada di dalam kotak pertolongan pertama itu. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kedaluwarsa atau tidak. Anda juga bisa menambahkan dengan obat-obatan lain.

8. Kondisi tubuh
Tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, kondisi badan juga perlu diperhatikan. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat.

9. Bekal makanan
Pastikan anda membawa bekal makanan dan minuman yang praktis dan bisa dimakan sambil terus berkendara. KEbersihan dan keamanan makanan lebih terjamin jika anda membawa bekal sendiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES