Peristiwa Daerah

Kolaborasi Kiai Kanjeng - Mr D dalam Gundul Gundul Pacul

Senin, 12 Juni 2017 - 00:13 | 150.58k
Penampilan Mr D pada Gema Budaya Religi bersama Cak Nun di Balaikota Among Tani Kota Batu, Minggu (11/6/2017) (Foto: Senda/TIMES Indonesia)
Penampilan Mr D pada Gema Budaya Religi bersama Cak Nun di Balaikota Among Tani Kota Batu, Minggu (11/6/2017) (Foto: Senda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Acara Gema Budaya Religi yang berlangsung malam ini, Minggu (11/6/2017) di Balaikota Among Tani, Kota Batu, Jawa Timur, dipadati ribuan pengunjung.

Sejak pukul 21.00 WIB para jamaah dengan duduk bersila menyimak siraman rohani dari Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun.

MR-Di2179.jpg

Acara yang digelar Pemerintah Kota Batu ini dalam rangka memperingati Nuzulul Quran. Tak hanya siraman rohani Cak Nun, acara diselingi dengan penampilan musik Kiai Kanjeng dan tampilan gitaris satu jari Dody Hernanto (Mr D).

Gamelan Kiai Kanjeng yang menampilkan konsep nada pada alat musik tradisional ini berpadu padan dengan petikan gitar bergawai yang dimainkan Doddy "Mr D" Hernanto.

MRD-10PaNS.jpg

Mereka berkolaborasi dalam tembang "Gundul Gundul Pacul". Aksi jam session ini berlangsung di sela-sela ceramah yang disampaikan Cak Nun.

Cak Nun menyebut Mr D sebagai innovator atau inventor dalam mengeksplorasi musik. Pada kesempatan itu, Mr D memperkenalkan alat musik perkusi "terbang" yang terkoneksi dengan gawai sehingga melahirkan beragam nada-nada 'baru'.

mr-D2RyIqk.jpg

"Biasanya terbang atau hadrah hanya menghasilkan notasi tak tak dung dung," ucapnya sebelum perform.

Dengan mengkoneksikannya dengan gawai, lanjutnya, terbang mampu menghasilkan nada-nada yang indah. Dan Indonesia adalah negeri yang kaya akan instrumen musik until dieksplorasi.

mr-D41btQ3.jpg

Mr D mencontohkan di hadapan ribuan orang yang hadir di Among Tani, bagaimana nada dihasilkan dari alat musik perkusi ini. 

MR-D-3Xby7.jpg

Hingga malam ini, acara masih berlangsung dan diperkirakan berakhir hingga menjelang waktu sahur. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES