Gaya Hidup

Wow Ternyata Puasa Bikin Awet Muda Loh!

Minggu, 11 Juni 2017 - 11:54 | 30.57k
ILUSTRASI. Awet muda. (Foto: Seruni)
ILUSTRASI. Awet muda. (Foto: Seruni)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain ibadah wajib, puasa juga memiliki banyak keuntungan. Puasa menyehatkan sudah banyak diketahui. Tapi tahukah Anda jika puasa itu juga membuat awet muda? 

Hal itu dikatakan oleh Ahli gizi dan nutrisi, Desy Nur Arista. Menurutnya saat puasa asupan makanan kita pun terbatasi sehingga membuat pola makan dan gaya hidup kita menjadi lebih sehat.

"Energi kita saat puasa dialihkan dari sistem pencernaan, yang paling sering digunakan, ke sistem imun dan proses metabolik," kata Desy.

Dengan berpuasa sel-sel tubuh cepat pulih dan secara otomatis kembali sehat.

Selain itu, puasa juga membuat tubuh dapat mengubah sintesis protein menjadi sel-sel, jaringan, dan organ tubuh yang lebih sehat. Sistem pencernaan juga menjadi lebih efisien dalam mencerna, mengabsorpsi zat gizi dan mengekskresi zat-zat sisa.

Manfaat sehat lainnya adalah kadar insulin, gula darah, trigliserida, dan kolesterol menjadi menurun. 

Disamping itu puasa juga bisa meningkatkan produksi hormon pertumbuhan, anti-penuaan dan menormalkan hormon lapar, ghrelin.

Dengan demikian, keakuratan dalam pemberian informasi apakah Anda dalam keadaan lapar atau tidak menjadi lebih meningkat.

Masih kata Desy,  bagi penderita asam lambung atau maag, puasa bisa membuat lebih sehat juga. Karena, puasa membuat sistem imunitas menjadi lebih baik.

"Tapi, hindari makanan yang mengandung gas, asam, dan pedas," kata Desy mengingatkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES