Kalimantan Selatan

Tim Gabungan SOPD Tanah Bumbu Sidak pasar

Sabtu, 10 Juni 2017 - 11:07 | 45.43k
ILUSTRAS: Sidak Pasar (Foto: Dok.TIMES Indonesia)
ILUSTRAS: Sidak Pasar (Foto: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tim gabungan dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan melakukan sidak ke pasar-pasar di wilayah Tanah Bumbu termasuk di pasar ikan juga toko modern, Sabtu (10/6/2017). Sidak dilakukan untuk memantau harga juga kesehatan atau kualitas komoditinya.

Tim melakukan pengawasan terhadap ikan dan sayuran yang terindikasi menggunakan borax dan formalin. Sementara untuk jenis unggas seperti ayam potong diteliti apakah ayamnya tiren.

Kepala Bagian Ekonomi Setda Kabupaten Tanah Bumbu Didi Ali Hamidi mengatakan pengawasan ini sebenarnya dilakukan rutin tidak hanya di bulan Ramadan dan menjelang lebaran. Namun, frekuensi pemeriksaan dilakukan lebih sering saat Ramadhan.

Ini dilakukan karena selama bulan Ramadan konsumsi masyarakat terhadap berbagai kebutuhan pokok  dipastikan naik. Untuk itu tim bekerja mengawasi berbagai barang yang kedaluwarsa dan mengandung zat berbahaya beredar di pasaran.

Didi Ali Hamidi yang didampingi Ketua Tim Pengawasan Barang Beredar, Kaswan menambahkan, pemeriksaan tak hanya ke sejumlah swalayan dan minimarket. Gudang tempat penyetokan barang juga diperiksa tim yang terdiri atas staf dari Bagian Ekonomi, Dinas Kesehatan, Dinas Pasar dan Perdagangan dibantu pihak kepolisian.

Hasilnya, ujar Ali, tim menemukan banyak  produk yang sudah kedaluwarsa. Dan barang barang itu sudah diamankan dan pihak penjual diberi peringatan keras.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES