Kesehatan

Kesehatan Tubuh dapat Dilihat dari Rambut

Sabtu, 10 Juni 2017 - 05:29 | 31.73k
ILUSTRASI - Tips Kesehatan Rambut (Foto: manfaat)
ILUSTRASI - Tips Kesehatan Rambut (Foto: manfaat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indikator kesehatan seseorang dapat dilihat dari rambut. Menurut ahli kulit, Dr. Liik Norawati, SpKK, banyak orang kurang menyadari terkait perubahan rambut sesuai dengan arah kesehatan.

Beberapa indikasi dari rambut seperti kerontokan menyatakan Anda kurang sehat baik mental maupun fisik. Anda harus waspada jika kerontokan lebih dari 150 helai per hari. Bisa jadi, ada kemungkinan kondisi medis tertentu yang sedang terjadi di dalam tubuh tanpa disadari.

"Rambut itu merupakan salah satu indikator seseorang yang penting bagi kesehatannya. Jika ada orang mengalami fase kerontokan lebih dari 150 helai kemungkinan kesehatan Anda sedang mengalami gangguan," ujar dr. Lilik. 

Ia menambahkan jika Anda mengalami rambut kusam dan cenderung tipis, bisa disebabkan produksi kadar hormon yang tidak seimbang. Hormon estrogen pada wanita yang berusia antara 20 hingga 30 tahun biasanya memang sangat tinggi dan hormon ini bisa membuat rambut menjadi lebih berkilau dan tebal.

Dan jika mengalami masalah kebotakan dan perubahan warna rambut, mungkin saja Anda sedang stres berkepanjangan. Stres menyebabkan kadar hormon tertentu dalam tubuh meningkat dan memberikan efek yang sangat berat untuk folikel rambut.

"Anda yang mengalami kebotakan rambut pada bagian depan atau dekat dahi, ini menunjukkan gejala yang harus mendapatkan perhatian serius. Ini merupakan sinyal bahwa Anda mengalami stres berlebih," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Viva News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES