Pendidikan Teknologi Pertanian Indonesia

Kedepankan Kualitas, STPP Malang Terapkan Tes Psikotes Saat Ujian PMB

Jumat, 09 Juni 2017 - 19:05 | 261.61k
Pelaksanaan tes kesehatan penerimaan mahasiswa baru STPP Malang. (Foto: Humas STPP Malang for TIMES Indonesia)
Pelaksanaan tes kesehatan penerimaan mahasiswa baru STPP Malang. (Foto: Humas STPP Malang for TIMES Indonesia)
FOKUS

Teknologi Pertanian Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penerapan tes psikologi pada ujian penerimaan mahasiswa baru (PMB) Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang baru pertama kali dilakukan. Harapannya, akan terseleksi peserta didik yang berkarakter untuk mendukung pembangunan pertanian bangsa.

Ketua Panitia PMB STPP Malang, Dr Ir Suhirmanto MSi menyampaikan bahwa STPP Malang merupakan satu-satunya yang menerapkan test psikologi dari enam yang ada di seluruh Indonesia. 

Dia menjelaskan, penerapan ini menjadi bagian dari pembangunan infrastuktur yang disiapkan dalam rangka mendapatkan bibit yang terbaik untuk bangsa.

"Akademis itu bisa saja kita bangun di sini, tapi karakter sudah bawaan. Ini yang perlu kita gali dari mereka," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Jumat (9/6/2017).

BACA JUGA: STPP Gelar Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru 2017

Pada prinsipnya, tes psikologi bertujuan untuk mengetahui aspek psikologis dari setiap individu. Pada psikotes di STPP Malang, tim menggunakan dua alat test yang bentuknya proyeksi dan direktori lembar jawaban.

"Tesnya bertujuan lebih kepada untuk mengetahui kepribadian calon mahasiswa baru," demikian disampaikan secara tertulis oleh tim psikologis yang menangani ujian PMB STPP Malang.

Psikotes ini bermanfaat bagi peserta dan STPP Malang sebagai pihak yang menerapkannya. Sesuai kebutuhan, STPP Malang akan mendapatkan gambaran dari perbedaan kepribadian setiap individu peserta. Hal ini akan dijadikan dasar pertimbangan oleh STPP Malang.

Tim menggunakan test untuk membedakan kepribadian dan identifikasi intelegensia, sehingga akan terlihat perbedaan dari masing-masing individu. Rekomendasi yang dikeluarkan dari hasil test bersifat kualitatif.

Pelaksanaan test psikologi telah berlangsung Kamis (8/6/2017) kemarin, setelah digelar tes tulis untuk menilai kemampuan pengetahuan dasar peserta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES