Kalimantan Selatan

DPRD Kotabaru Minta Pemda Tingkatkan Status RSUD

Rabu, 07 Juni 2017 - 15:55 | 55.92k
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotabaru. (Foto: swara pendidikan)
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotabaru. (Foto: swara pendidikan)

TIMESINDONESIA, KOTABARU – Komisi III DPRD Kabupaten Kotabaru mendesak Pemkab Kotabaru menaikan status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotabaru.

Caranya segera memproses akreditiasi dari tipe C ke tipe B. Dengan keaikan status itu diharapkan kondisi dan pelayanan RSUD Kotabaru bisa maksimal dan bisa melayani masyarakat dengan sebaik baiknya.   

Karena itu segala upaya untuk proses peningkatan status RSUD Kotabaru, pihak legislatif termasuk komisi yang membawahi kesehatan akan mendukung dan mensuport.

Komisi III beberapa lalu telah mendampingi ekskutif berkunjung ke Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dan Rumah Sakit Ansari Saleh di Banjarmasin.

Ketua Komisi III DPRD Kotabaru, Denny Hendro Kurnianto mengatakan, bahwa proses peningkatan status tipe rumah sakit memang diakui waktunya agak lama. Karena harus menyiapkan dana APBD yang besar untuk pembangun fasilitas.

Selain itu dengan peningkatan status itu juga melibatkan sumber daya manusia (SDM)  yang lebih professional. Dan itu butuh waktu untuk mencari SDM ini.

Mengacu pada peraturan menteri (Permen) Kesehatan, sejumlah ketentuan harus dipenuhi. Diantaranya kesiapan fisik menyangkut infrastruktur, diantaranya instalasi gawat darurat (IGD) dengan kapasitas tertentu, ruang inap pasien, perawatan jalan atau klinik, instalasi gizi, laboratorium hingga pengelolaan limbah medis.

Sementara itu, juga didukung kesiapan dan ketersediaan tenaga medisnya, baik kualitas dan kuantitasnya, seperti kesediaan dokter spesialis dengan jumlah minimal 21 orang, termasuk diantaranya dokter spesialis dasar yakni penyakit dalam, bedah, kandungan dan anak.

Denny berharap, gedung baru RSUD Kotabaru di Stagen itu bisa dioperasikan 2017. Asal sudah ada penyempurnaan kelengkapan,”ujar politisi PPP.

Denny berharap pemkab Kotabaru bisa meniru manajemen Rumah Sakit Ansari Saleh di Banjarmasin.

Denny melihat RS Ansari Saleh, RS ini sudah professional karena bisa melayani kesehatan  masyarakat secara paripurna. Mulai pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD), Klinik umum, proses rawat jalan dan lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES