Peristiwa Nasional

Layani Penukaran Uang Emisi Baru, BI Siapkan Rp 70 Triliun

Rabu, 07 Juni 2017 - 16:06 | 151.69k
Ilustrasi uang rupiah emisi baru (Foto: liputan6)
Ilustrasi uang rupiah emisi baru (Foto: liputan6)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bank Indonesia menyediakan sekitar Rp 70 triliun uang emisi terbaru untuk kebutuhan penukaran uang masyarakat jelang Idul Fitri 1438 H, demikian dituturkan Deputi Gubernur BI, Sugeng.

Menurutnya, jumlah sebanyak Rp 70 triliun uang emisi 2016 tersebut masuk dalam total Rp 167 triliun uang rupiah layak edar yang akan disediakan Bank Sentral untuk kebutuhan penukaran tahun ini.

"Prediksi kami kebutuhan Rp 167 triliun itu akan lebih dari cukup. Jadi dalam kesempatan ini akan mencukupi baik dari emisi lama maupun emisi baru yang sebanyak Rp70 triliun," tegasnya.

Sementara untuk antisipasi melonjaknya permintaan penukaran, Bank Sentral masih juga menyiapkan kebutuhan cadangan. Secara total, BI menyiapkan Rp 200 triliun untuk kebutuhan penukaran uang di Idul Fitri tahun ini.

Sugeng menambahkan jika layanan penukaran uang ini akan terus diintensifkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu, aktivitas ini juga dimanfaatkan BI dan perusahaan perbankan untuk memeriksa keberadaan uang palsu dan uang tidak layak edar di masyarakat.

"Kita juga akan melihat apakah ada uang palsu, akan ketahuan nantinya dan juga sortiran uang tidak layak edar," sambungnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES