Glutera News

Luka di Tubuh Bisa Sembuh dengan Glutera, Begini Rahasianya

Rabu, 07 Juni 2017 - 13:53 | 226.79k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selamat pagi Indonesia. Tetap semangat ya. Meski puasa, badan harus tetap sehat, lahir dan batin. Jangan lupa tetap terus berbagi pada sesama. Kali ini kita bahas apa hubungannya Hyaluronic Acid yang ada di produk Glutera dengan kesembuhan luka. Banyak sekali testimoni dari Gluver, mengapa produk Glutera bisa menyembuhkan luka.  

Begini ya. Hyaluronic Acid atau Restiaid Asam Hialuronat atau Hyaluronan atau hyaluronate (disingkat HA) merupakan polisakarida yang secara alami banyak dihasilkan dalam tubuh manusia. Terutama pada kulit dan jaringan lunak.

Fungsi utama molekul ini adalah untuk menstabilkan struktur interseluler dan membentuk matriks fluida untuk tempat pengikatan kolagen dan serat elastik.

Nah, kulit merupakan organ terluar tubuh sebagai barier mekanis yang berfungsi untuk pertahanan atau perlindungan terhadap rangsangan dari luar. Seperti rangsangan alergen (alergi), sinar ultraviolet, zat iritan, bahan-bahan yang bersifat infeksius, dan sejenisnya. 

Ada juga kulit yang kena dermatoporosis. Yakni, kulit yang mengalami proses penuaan secara fisiologis. Kondisi ini biasa disebut sebagai “aging skin”. Proses ini ditandai oleh berkurangnya bahkan hilangnya zat penyokong kelenturan kulit. Zat yang dimaksud adalah matriks ekstraselular dan komponen hialuronat.

Asam hialuronat secara alami terdapat di jaringan ikat, cairan sendi, dan kulit kita. Asam hialuronat berfungsi mengikat air dan berperan penting dalam pemeliharaan jaringan kulit seperti mempertahankan kelembaban, serta memperbaiki jaringan dan pertumbuhan sel.

Seiring bertambahnya usia, jumlah asam hialuronat di tubuh akan menurun. Akibat berkurangnya zat-zat penting ini, maka ikatan kolagen dan serat elastin menjadi longgar. Kulit tidak dapat mempertahankan kelembabannya sehingga kulit kehilangan fungsi pertahanan mekanisnya. Akibatnya kulit menjadi tipis, kering, keriput, kusam, mudah lecet, mudah alergi, mudah timbul perdarahan di bawah kulit (lebam), dan luka sulit sembuh.

Proses penyembuhan luka pada kulit merupakan proses kompleks. Prosesnya meliputi tahapan proses peradangan (inflamasi), pembentukan jaringan granulasi, reepitelisasi, dan remodeling. 

Dalam proses penyembuhan luka, Asam Hyaluronat berperan besar pada tahapan proses peradangan (inflamasi) dan pembentukan jaringan granulasi. Pada proses peradangan akan dihasilkan komponen biologis seperti faktor pertumbuhan, sitokin, eicosanoid dll yang sangat diperlukan dalam proses penyembuhan luka selanjutnya yakni migrasi sel inflamasi, fibroblas dan sel endotel ke situs luka. Asam Hyaluronat inilah berperan sebagai promotor komponen sel peradangan tersebut.

Apa itu jaringan granulasi? Jaringan granulasi merupakan jaringan ikat fibrosa yang terbentuk dari bekuan darah (fibrin) sebagai bagian dari proses penyembuhan luka. Jaringan ini biasanya tumbuh dari dasar luka, kemudian menutup permukaan luka berupa jaringan parut sehingga terjadi penyembuhan.

Proses granulasi dimulai sejak awal proses penyembuhan (hari ke-3 hingga ke-5) dan berlanjut selama beberapa minggu. Tergantung pada luasnya luka.

Glikosaminoglikan (GAG) asam hialuronat (hialuronan) merupakan komponen PM yang berjumlah sangat banyak. Untuk bisa dipakai, komponen PM ini harus dimodifikasi selama proses remodeling. Kadar asam hialuronat yang tingg mengurangi resistensi terhadap migrasi sel dan berperan mengurangi skar penyembuhan luka. 

Selain itu, asam hialuronat dapat menstimulasi motilitas sel dengan cara merubah adesi sel dengan matriks. Misalnya, melemahkan adesi heparan sulfat dan fibronektin.

Yang lebih penting dari sudut pandang fisik adalah bahwa Asam hialuronat membentuk struktur yang banyak mengandung air, menyebabkan pembengkakan jaringan, dan ruang interstitial sehingga lingkungan menjadi lebih kondusif untuk pergerakan sel.

Nah, sekarang paham kan, bagaimana luka di tubuh bisa sembuh dengan Asam Hialuronat atau Hyaluronic Acid  (HA)? Semua komponen ini ada di produk Glutera. Jadi sangat wajar dan masuk akal jika Glutera mampu menyembuh luka dengan cepat. Selamat berpuasa! (*)

* Penulis adalah dokter umum di Banjarmasin, juga Gluver Kalimantan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES