Peristiwa Nasional

Target Jadi Lumbung Pangan Dunia, Kementan Fokus 11 Komoditas Strategis

Selasa, 06 Juni 2017 - 09:07 | 30.72k
Menteri Pertanian, Amran Sulaiman (Foto: jpnn)
Menteri Pertanian, Amran Sulaiman (Foto: jpnn)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pertanian Amran Sulaiman optimistis Indonesia bisa memenuhi target menjadi lumbung pangan dunia pada 2045. Untuk itu, pihaknya akan fokus meningkatkan produksi pertanian untuk 11 komoditas pangan strategis.

"Ada 11 komoditas strategis, alhamdulillah sudah selesai empat. Kita selesaikan lagi tahun ini jagung, tahun depan bawang putih, tahun berikutnya apa," tegasnya.

Mentan menyatakan jika strategi untuk meningkatkan produksi komoditas pertanian tidak dilakukan bersamaan, melainkan satu per satu karena keterbatasan anggaran dan tim.

"Insya Allah kita bisa capai karena hari ini kita sudah buktikan pada dunia bahwa kita bisa makan beras, jagung, bawang, cabai tanpa impor," imbuhnya.

Menurutnya, pencapaian tersebut cukup tinggi di tengah beratnya tantangan yang dihadapi, termasuk El Nino terbesar sepanjang sejarah. Untuk itu ia yakin Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia pada tahun 2045, dengan berbagai usaha peningkatan produksi pertanian.

Mentan menyebut potensi Indonesia untuk meningkatkan produksi pertanian sangat besar. Bahkan tak hanya dapat mencukupi kebutuhan dalam negeri saja, namun bisa menjadi negara pengekspor terbesar di dunia.

"2018 sampai 2021 kami menargetkan swasembada pangan dengan peningkatan produksi di atas lima persen. 100 persen kebutuhan pangan juga dipenuhi dari dalam negeri sehingga tidak ada lagi impor pangan," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES