Kalimantan Selatan Marhaban Ya Ramadhan

Habis Buka Puasa, Shalat Maghrib, Isyak, Tarawih dan Langsung Sahur Lagi

Sabtu, 03 Juni 2017 - 10:50 | 149.78k
ILUSTRASI. Berbuka Puasa. (Foto: ShopBack)
ILUSTRASI. Berbuka Puasa. (Foto: ShopBack)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – “Habis buka puasa, langsung shalat Magrib, lanjut shalat Isya, langsung shalat tarawih dan beberapa waktu lagi langsung sahur,” kata H Amir Machmud, pengusaha alat berat asal Kalimantan Selatan, Sabtu (3/6/2017) pagi ketika dia ada di Jerman dalam rangka bisnis sekitar 20 hari.

Lewat perbincangan via aplikasi pesan WhatsApp, dia bercerita tentang lamanya puasa di Jerman yang mencapai sekitar 19-20 jam pada Ramadhan tahun ini. Terasa benar kalau menjadi kegundahan bagi pengusaha-pengusaha itu, maklum mereka sudah menjalan sekitar 6 hari diIndonesia yang relatif lama menjalankan puasa sekitar 12-13 jam saja.

Dalam perbincangan itu juga tertulis keraguan berpuasa selama di sana, Tapi karena hukumnya wajib, akhirnya sepakat dilaksanakan juga mesti berat.  

Kalau dilihat dari perbincangan di WA, terlihat bahwa sungguh berat bagi umat Muslim melaksanakan ibadah puasanya di Negara tersebut. Bayangkan 20 jam dan sisanya dipakai ibadah lain yang berurutan mulai dai shalat Magrib berlanjut shalat-shalat wajib lain dilanjutkan sahur lagi.

Tapi bagaimanapun, ujar Amir, sebagai umat Islam, ibadah puasa Ramadhan adalah kewajiban. Dan harus dilaksanakan mulai matahari terbit hingga terbenam.  “Makan dan Minumlah Kalian sampai jelas bagi kalian Benang Putih dan Benang Hitam, yaitu waktu fajar“ (Al-Baqarah : 187)

Durasi waktu berpuasa tiap negara berbeda-beda, tergantung letak geografis daerahnya. Ini berpengaruh terhadap waktu terbit dan terbenamnya matahari.

Di Indonesia waktu berpuasa setiap harinya mencapai rata-rata 13 jam, sedangkan negara lain bahkan bisa lebih dari 20 jam.

Melansir dari Aljazeera, waktu berpuasa tahun lalu di dunia yaitu antara 11 hingga 22 jam. Sementara tahun ini, Aljazeera mencatat waktu berpuasa di dunia antara 10 jam di Chili dan 21 jam di Greenland. Selain Greenland, berikut negara-negara dengan durasi waktu berpuasa paling lama di dunia, dilansir dari Aljazeera.

1. Swedia: 19,5 jam, dari 01.57 hingga 21.39

Negara Skandinavia adalah seperti Negara Swedia, Finlandia, dan Norwegia Tengah. Negara ini mempunyai waktu puasa terlama yaitu 21 jam, hal ini disebabkan karena Negara ini memasuki musim panas dan matahari terbit sangat lama yaitu 21 jam (1 hari kurang 3 jam). Tetapi banyak ulama yang memperbolehkan umat muslim disana untuk berbuka puasa dengan waktu yang sama dengan Arab Saudi atau Turki.

2. Rusia: 19 jam, dari 01.49 hingga 20.56

Negara yang waktu puasanya terlama selanjutnya adalah Rusia. Rusia adalah Negara yang terletak di bagian paling utara bumi yang mulai melaksanakan ibadah puasanya sejak imsak pada pukul 03:15 sampai berbuka pada pukul 21:37. Jadi umat muslim Negara Rusia berpuasa hampir 19 jam. Selain Negara yang waktu puasanya terpanjang Rusia juga Negara yang mempunyai suhu yang dingin.

3. Inggris: 18,5 jam, dari 02.29 hingga 21.03

Negara selanjutnya yang waktu puasanya terlama adalah Negara Inggris. Dimana umat muslim di Inggris melakukan ibadah puasa 17 jam 45 menit

Berikut Negara yang waktu puasanya tercepat di dunia :

1. Chili

Chili yang terletak di Amerika Serikat ini tercatat sebagai negara yang waktu puasanya tercepat di dunia. Umat muslim di Chili melakukan puasa sejak pukul 05.31 dan berbuka puasa pukul 15.00, atau hanya sekitar kurang lebih 9 jam. Tercatat Negara ini berudara kering dan cuaca dingin.

2. Argentina

Negara yang waktu puasanya tercepat selanjutnya adalah Argentina. Penduduk muslim di Negara ini hanya berpuasa selama 9 jam 37 menit. Meskipun populasi muslim di Argentina ini memang termasuk sedikit hanya sekitar 1,9%.

3. Malaysia

Malaysia salah satu Negara yang memiliki waktu puasanya yang tercepat di dunia. Tidak beda jauh dengan Indonesia, Malaysia menjalankan puasa selama 12 jam. Tapi waktu imsak di sana lebih lama dibandingkan Indonesia, imsak di Malaysia biasanya dilakukan pukul 05.30 dan maghrib sekitar pukul 19.30.

4. Pulau Komoro

Kepulauan Komoro yang terletak di Samudera India ini adalah salah satu negara yang jumlah umat muslimnya banyak. Umat muslim harus berpuasa selama 12 jam 31 menit. Situasi saat ramadhan di Komoro tidak terlalu jauh dengan di Indonesia.

5.Brazil

Negara Brazil juga termasuk Negara yang waktu puasanya tercepat di dunia. Umat Muslim di negara Brazil ini hanya berpuasa sekitar 13 jam. Mayoritas penduduk Muslim di Brazil adalah Kristen. Sehingga hal ini menjadi tantangan yang berat bagi umat Muslim yang tengah berpuasa.

6. Antartika

Benua yang terletak di paling selatan ini memiliki waktu puasanya tercepat di dunia. Umat muslim yang berpuasa di Antartika berpuasa selama kurang lebih 8 jam 18 menit. Waktu imsaknya pun lebih enak karena baru imsak pukul 06.30 pagi dan berbuka puasa pukul 15.48.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES