Kalimantan Selatan

Kebutuhan Sapi Lebaran di Banjarmasin Aman

Sabtu, 03 Juni 2017 - 09:44 | 23.37k
ILUSTRASI. Peternakan Sapi. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
ILUSTRASI. Peternakan Sapi. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARMASIN – Memasuki bulan Ramadan permintaan kebutuhan sapi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan masih relatif normal yakni 20 sampai 25 ekor per hari. Namun angka ini diperkirakan akan melonjak memasuki Lebaran nanti.

Menjelang Lebaran permintaan sapi biasanya mencapai 50 ekor per hari di Banjarmasin. Tapi pemerintah kota Banjarmasin sudah menyiapkan itu.  

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, Lauhem Mahfuzi, mengatakan kebutuhan daging sapi hingga Lebaran aman. “Kami pastikan cukup untuk kebutuhan daging sapi,” ujarnya, Jumat (2/6/2017).

Lauhem yang didampingi, Medik Veteriner, drh Anang Dwi Jatmiko mengatakan hingga saat ini sapi yang berada di RPH (Rumah Pemotongan Hewan) Basirih ada 400 ekor setiap kali pengiriman. Dengan kisarah harga di pasaran mencapai Rp 125 ribu per kilogram.

“Dan komoditi ini masih akan datang lagi pekan depan. Jadi untuk kebutuhan hingga Lebaran nanti masih cukup,” ujarnya sambil mengatakan bahwa sapi-sapi itu didatangkan dari Jawa.

Sementara itu Drh Anang menambahkan, pihaknya terus memantau kesehatan sapi sehingga bisa dikonsumsi masyarakat Banjarmasin.  Drh Anang meminta masyarakat terus hati hati kalau membeli daging sapi. Pihaknya meminta masyarakat memilih daging sapi yang sehat dengan memperhatikan warna daging.

Daging sapi yang masih fresh berwarna merah dan segar, tidak pucat dan tidak kotor. Daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Aroma daging sapi yang segar memiliki aroma khas.

“Tidak berair dan tidak mengeluarkan minyak. Masyarakat sudah pintar memilih. Kalau terlalu murah ya harus curiga,” katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES