Peristiwa Daerah Pekan Pancasila

Rutan Bangil Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Kamis, 01 Juni 2017 - 16:53 | 69.74k
Suasana upacara di Rutan Bangil memperingati hari lahirnya Pancasila yang ke-72 Kamis (1/6/2017) pagi, (Foto: robert/ TIMES Indonesia)
Suasana upacara di Rutan Bangil memperingati hari lahirnya Pancasila yang ke-72 Kamis (1/6/2017) pagi, (Foto: robert/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Pekan Pancasila

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kamis (1/6/2017) pagi, Rutan Klas II-B Bangil-Pasuruan menggelar upacara peringatan hari lahirnya Pancasila yang ke-72. Upacara yang digelar di halaman dalam Rutan Bangil itu diikuti oleh peserta dari Pramuka, petugas Rutan dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) wanita sebanyak 8 orang.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah KaRutan Bangil, Wahyu Indarto, sedangkan petugas bendera dan petugas pembaca UUD 1945 serta petugas pembaca Keppres tentang hari lahirnya Pancasila adalah anggota Pramuka Rutan.

LApas-PASuruan-2t53mv.jpg

Dalam amanatnya, KaRutan Bangil Wahyu Indarto membacakan ringkasan sambutan Presiden Jokowi yang intinya bahwa dalam upacara peringatan hari lahirnya Pancasila yang baru pertama kali diadakan ini, adalah untuk meneguhkan komitmen kita untuk lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Yang perlu diingat, bahwa kodrat Bangsa Indonesia adalah kebhinekaan tunggal ika. Sehingga Presiden mengajak peran aktif para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga Pancasila," urai KaRutan, Wahyu Indarto dalam pembacaan sambutan Presiden RI.

LApas-PASuruanpX4Dr.jpg

Sementara itu, terkait petugas bendera yang berasal dari Pramuka. Kasubsie Pelayanan Tahanan Rutan Bangil, Anjar Seto, menjelaskan bahwa mereka adalah Warga Binaan Pemasyarakatan yang telah berstatus napi dan telah dilatih serta bekerjasama dengan Kwarcab Bangil-Pasuruan sejak bulan Februari lalu.

"Mereka (anggota Pramuka) penghuni Rutan, jumlahnya sekitar 25 orang. Kita latih dengan kegiatan Pramuka seminggu sekali, setiap Hari Kamis. Sudah dua kali ini mereka kita libatkan sebagai petugas upacara di dalam Rutan, yang pertama waktu upacara peringatan Harkitnas 20 Mei lalu dan upacara peringatan hari lahirnya Pancasila sekarang ini," terang Ibu Anjar. 

Rencananya, kegiatan Pramuka di dalam Rutan Bangil akan ditingkatkan secara intens, agar segera terbentuk Gugus Depan (Gudep) setelah lebaran nanti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES