Peristiwa Nasional Pekan Pancasila

Megawati Ingatkan Soal Pancasila

Kamis, 01 Juni 2017 - 11:05 | 58.77k
Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
FOKUS

Pekan Pancasila

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri mengingatkan bahwa Pancasila adalah cikal bakal kemerdekaan Indonesia. Namun, menurutnya, saat ini Pancasila dibiaskan oleh sebagian orang yang kemungkinan tidak mengerti makna utama 1 Juni 1945.

"Bangsa ini sudah mengalami sebuah dekade di mana Pancasila tidak disosialisasikan lebih benar kepada masyarakat Indonesia," kata Megawati saat berada di Jeju, Korea Selatan, seperti dikutip dari antaranews.com.

Dia menegaskan, poin penting ketika Pancasila dilahirkan pada 1 Juni 1945, adalah saat Ketua BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) Radjiman Wedyodiningrat mengetuk palu. Ini sebagai tanda bahwa Pancasila diterima secara aklamasi oleh berbagai elemen yang turut dalam sidang BPUPKI.

"Hal seperti ini, sejarah kita, ini praktis tidak diajarkan kepada masyarakat terutama generasi muda kita," tutur putri Presiden Soekarno ini.

Konsep Pancasila sangat penting dapat menjamin terciptanya perdamaian dunia. Dia menyampaikan, tanpa keberadaan Pancasila, tidak akan terlaksana Konferensi Asia Afrika dan Konferensi Non-Blok yang gagasannya berasal dari Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES