Gaya Hidup Marhaban Ya Ramadhan

Ajarkan Anak Puasa dengan Cara Ini

Selasa, 30 Mei 2017 - 05:45 | 25.96k
ILUSTRASI - Mengajarkan anak pentingnya puasa (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
ILUSTRASI - Mengajarkan anak pentingnya puasa (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bulan ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk mengajarkan anak-anak berpuasa. Meskipun anak-anak belum wajib berpuasa ada baiknya orang tua membiasakannya sejak dini. Seperti halnya Rasulullah yang juga mengajarkan anak-anaknya berpuasa.

Mengajarkan puasa kepada anak harus hati-hati. Usahakan anak tetap sehat dan fit saat belajar berpuasa. Berikut tips mengajarkan anak berpuasa yang bisa Anda coba.

1. Kenalkan anak dengan suasana puasa
Jika Anda ingin mengajarkan anak berpuasa, kenalkan suasana-suasana khas puasa seperti sahur dan berbuka. Anda bisa membangunkan anak untuk ikut makan sahur. Saat berbuka usahakan anak juga ikut makan bersama.

2. Lakukan latihan puasa secara bertahap
Hindari memaksa anak puasa hingga waktu magrib secara langsung. Anak bisa berbuka di waktu-waktu yang sudah Anda tentukan sesuai kemampuan anak.

3. Cukupi asupan gizi
Penuhi kebutuhan gizi dan nutrisi anak selama belajar puasa. Berikan anak buah dan sayur serta karbohidrat secara seimbang.

4. Jangan terlalu memaksa
Jika waktu siang anak lapar dan tidak kuat berpuasa biarkan anak berbuka. Selanjutnya beri pengertian pada anak agar nelanjutkan puasanya lagi sampai waktu magrib.

5. Hargai usaha anak
Usahakan selalu menghargai usaha anak dalam belajar berpuasa. Jika anak berbuka puasa tepat pada waktu yang ditentukan berilah hadiah atau berikan makanan yang disukai anak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES