Rabu, 19 Desember 2018
Peristiwa - Nasional

29 Mei, Hari Lanjut Usia Nasional

29 Mei, Hari Lanjut Usia Nasional ILUSTRASI - Lanjut Usia (Foto: Kurniawan Mas'ud Photography)
Senin, 29 Mei 2017 - 21:16

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari ini, 29 Mei 2017 diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional atau Hari Lansia. Diperingatinya Hari Lansia merupakan wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia.

Hari Lansia Nasional dicanangkan pada 29 Mei 1996 di Semarang, Jawa Tengah untuk menghormati jasa Dr KRT Radjiman Wedyodiningrat. Di usia lanjutnya, Dr Radjiman memimpin sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei 1945. Saat itu, usia pria kelahiran Yogyakarta ini menginjak 66 tahun.

Secara internasional, Hari Lansia ditetapkan oleh Sidang Umum PBB setiap 1 Oktober berdasarkan Resolusi Nomor 45/106 tanggal 14 Desember 1990.

Penetapan Hari Lansia Internasional merupakan kelanjutan dari Vienna International Plan of Action on Aging (Vienna Plan) yang diputuskan di Wina, Austria pada 1982.

Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, pengertian Lansia adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun keatas.

Data Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional) tahun 2015, jumlah lansia sebanyak 21,5 juta jiwa atau sekitar 8,43 persen dari seluruh penduduk Indonesia pada tahun itu. 

BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) mencatat, saat ini Indonesia masuk ke dalam negara berstruktur penduduk tua (ageing population) karena memiliki proporsi lanjut usia yang besar, di atas 7 persen. 

Sebagaimana tema yang diusung pada Hari Lansia tahun ini, "Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lansia Sejahtera", keberadaannya bukan sebagai beban keluarga atau pembangunan. Mengutip pernyataan Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal, "Sudah saatnya Lansia menjadi menjadi pemimpin utama dalam  memberikan nasihat dan himbauan agar anak cucu mereka melakukan perubahan yang fundamental, yaitu perubahan mental." (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

Komentar

Registration