Indonesia Positif Universitas Islam Malang

UKM Kamapala ikuti Sosialisasi Ekspedisi NKRI Koridor Papua Selatan

Sabtu, 27 Mei 2017 - 00:56 | 57.68k
Suasana sosialisasi ekspedisi NKRI di Universitas Merdeka Malang, Kamis (24/5/2017). (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
Suasana sosialisasi ekspedisi NKRI di Universitas Merdeka Malang, Kamis (24/5/2017). (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – UKM Kamapala "Ranti Pager Aji" perwakilan Universitas Islam Malang (Unisma) turut hadir dalam sosialisasi ekspedisi NKRI di Universitas Merdeka Malang, Kamis (24/5/2017). Sosialisasi ini dihadiri kurang lebih 150 orang perwakilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Malang. 

Ekspedisi NKRI memiliki visi yakni mendata dan memetakan semua potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia. Mendorong peningkatan kesejahteraan sosial, menumbuhkan rasa cinta tanah air dan meningkatkan pertahanan keamanan nasional. 

Sedangkan misinya melakukan pendataan dan pemetaan SDA dan SDM. Yang meliputi kehutanan, flora dan fauna, geologi, potensi bencana dan sosial budaya. Membuka daerah terisolir, mendorong peningkatan kesejahteraan sosial serta kesadaran akan pertahanan keamanan wilayah.

Universitas-Merdeka-MalangSyPJh.jpg

Ekspedisi NKRI ini adalah satu-satunya kegiatan yang terintegrasi secara baik dengan mengerahkan TNI, POLRI, Tenaga Ahli, Mahasiswa, Umum/relawan, dan K/D/L/I Pusat dan Daerah. 

Tahun 2011 ekspedisi NKRI pertama kalinya dilakukan, yang di pusatkan di pulau Sumatra tepatnya di Bukit Barisan. Selanjutnya pada tahun 2012 di Khatulistiwa, 2013 di Sulawesi, 2014 di Maluku dan Maluku Utara, 2015 di Nusa Tenggara dan Bali, 2016 di Papua Barat dan tahun ini akan dilaksanakan di Pulau Papua bagian Selatan.

Ekspedisi ke 7 ini kemungkinan akan menjadi ekspedisi terakhir karena semua pulau Indonesia sudah tersentuh. Tetapi tidak menutup kemungkinan ekspedisi ini akan terus berlanjut dengan melihat hasil secara keseluruhan yang didapat dari ekspedisi pertama sampai yang akan berlangsung di ekspedisi ke 7. 

Rencananya setelah ekspedisi ke 7 ini selesai, akan diselenggarakan Seminar Nasional yang memaparkan hasil dari ekspedisi pertama sampai terakhir.

Sasaran wilayah ekpedisi NKRI tahun ini adalah di Merauke (Kab. Merauke), Mappi (Kab. Mappi), Asmat (Kab. Asmat), Mindiptana (Kab. Boven Digul) dan Tanah Merah (Kab. Boven Digul) dengan mengerahkan kurang lebih 1000 personil. Dengan sub kegiatan penjelajahan, penelitian, lintas keilmuan dan pengabdian masyarakat kegiatan ini mendapat respon positif dari berbagai pihak. 

Terbukti dalam beberapa hari terakhir pendaftar sudah mencapai kurang lebih 2000 orang dengan berbagai keahliannya. Padahal yang akan diambil kurang lebih sekitar 275 orang. Ini membuktikan bahwa sebagian masyarakat di Indonesia masih sangat peduli dengan keadaan sekitarnya. 

Kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan oleh calon peserta yang berstatus mahasiswa sebagai tempat KKN dan penelitian skripsi dengan membawa surat keterangan. 

Adapun detail pembagian waktu, mekanisme pendaftaran, tahapan kegiatan bisa dilihat di laman www.ekspedisinkri.com.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES