Peristiwa Daerah

Sekitar 2.863 Korban Sinabung Tinggal di Pengungsian

Sabtu, 20 Mei 2017 - 21:42 | 21.51k
Gunung Sinabung dilihat dari Gundaling (Foto: wikipedia)
Gunung Sinabung dilihat dari Gundaling (Foto: wikipedia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan 2.863 warga korban meletusnya Gunung Sinabung tinggal di pengungsian.

"Tidak ada penambahan jumlah masyarakat yang mengungsi terkait letusan pada pagi tadi. Hingga saat ini masih tercatat 7.214 jiwa atau 2.038 KK di 8 pos pengungsian," kata Kepala Pusat Data Informasi (Kapusdatin) dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Sabtu (20/5).

Sekitar 2.863 jiwa yang tinggal di pengungsian. Lainnya tinggal di luar pos pengungsian.

Sutopo mengimbau masyarakat terus waspada dan menaati rekomendasi pemerintah, terutama yang bermukim dan beraktivitas di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung untuk tetap waspada terhadap ancaman bahaya lahar.

Gunung Sinabung tidak dapat diprediksikan sampai kapan berhenti meletus karena parameter vulkanik dan seismisitas gunung masih tetap tinggi sehingga potensi letusan susulan masih akan tetap berlangsung.

Tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan masyarakat dan pengunjung tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer (km) dari puncak, dalam jarak tujuh km untuk sektor selatan-tenggara, dalam jarak enam km untuk sektor tenggara-timur serta di dalam jarak empat km untuk sektor utara-timur Gunung Sinabung.

Gunung Sinabung kembali meletus dengan intensitas tinggi, yakni tinggi kolom abu letusan mencapai empat kilometer, amplitudo1 20 milimeter dan lama gempa vulkanik 343 detik pada Sabtu pukul 06.46 WIB.

Angin perlahan menuju arah tenggara. PVMBG masih menetapkan status Gunung Sinabung tetap Level IV atau Awas. Potensi letusan susulan dinyatakan masih tinggi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES