Pendidikan

Tingkatkan Keterampilan Konseling, Guru BK Ikuti Workshop KREIN

Sabtu, 20 Mei 2017 - 16:49 | 141.01k
Workshop Peningkatan Keterampilan KREIN Bagi Konselor/Guru BK di Sekolah, yang digelar di Auditorium Multikultural, Universitas Kanjuruhan Malang, Jawa Timur. (Foto: Humas Unikama for TIMES Indonesia)
Workshop Peningkatan Keterampilan KREIN Bagi Konselor/Guru BK di Sekolah, yang digelar di Auditorium Multikultural, Universitas Kanjuruhan Malang, Jawa Timur. (Foto: Humas Unikama for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perkembangan tekonologi membawa dampak perubahan yang besar bagi pelajar di Indonesia. Jika tidak disikapi dengan benar oleh para guru Bimbingan Konseling (BK) maka akan melahirkan banyak kompleksitas masalah bagi siswa. 

Hal ini yang membuat Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) bekerja sama dengan Ikatan Konselor Indonesia (IKI) Jatim, Ikatan Bimbingan Konseling Indonesia (IBKS) dan Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIn) Malang Raya, menggelar Workshop Peningkatan Keterampilan KREIN (Konseling Kreatif dan Inovatif) Bagi Konselor/Guru BK di Sekolah. Acara digelar di Auditorium Multikultural Unikama, Kota Malang, Jawa Timur.

"Guru BK harus kuasai kompetensi keterampilan konseling. Guru juga dituntut untuk kreatif dan inovatif," kata Ketua Pelaksana, Erik Teguh Prakoso MPd Kons, kepada TIMES Indonesia, Sabtu (20/5/2017). 

Erik menjelaskan, kualitas guru BK saat ini dalam menangani para siswa dinilai kurang maksimal. Maka dari itu, harus ada peningkatan kualitas. 

"Jadi guru BK tidak hanya marah-marah saja melainkan mampu memberikan pelayanan konseling yang berkualitas, keterampilan belum," tegas laki-laki yang juga menjabat sebagai Kabiro Kemahasiswaan Unikama itu. 

Dia berharap, dengan digelar workshop ini bisa menjadikan profesi guru BK sebagai profesi yang bermartabat. Setidaknya, ada 225 guru BK di seluruh Jawa Timur yang hadir dalam workshop hari ini. 

Tiga pemateri dihadirkan dalam workshop hari ini. Mereka adalah Prof Dr Prayitno MScEd, Dewan Pembina PP IKI yang membawakan materi bimbingan kelompok. Kedua, Prof Dr Mudjiran MSKons, Ketua Umum IKI yang menyampaikan materi Tuntutan Kompetensi Konselor dalam Era MEA, Dr Triyono MPd, dosen Universitas Malang yang membawakan materi Brief Counseling serta Tim IKI Jatim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES