Peristiwa Daerah

Kedubes AS Gelar Lokakarya Pemanfaatan Media di Banyuwangi

Sabtu, 20 Mei 2017 - 16:30 | 50.94k
Ranitya Nurlita membagi pengalaman keliling Dunia kampanyekan pemakaian reusable bag. (foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)
Ranitya Nurlita membagi pengalaman keliling Dunia kampanyekan pemakaian reusable bag. (foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kedutaan Besar Amerika Serikat bekerja sama dengan Greeneration Foundation dan Sea Soldier Banyuwangi menggelar lokakarya penggunaan media sosial. Acara dilaksanakan di Aula Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (20/5/2017).

Acara yang diikuti puluhan pemuda di Banyuwangi mendorong didorong warganet berkampanye melalui sosial media.

Kepada media, Deputi Press Atache U.S Embassy Jakarta Gurdit Singh mengatakan pihaknya telah berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Pemerintah Pusat RI, pemerintah daerah hingga komunitas dan berbagai aktivis.

"Kami sudah menggelar hal serupa di 16 kota di Indonesia di Pulau Jawa dan luar Jawa. Sosial media merupakan e tool yang harus kita jadikan alat memperkuat hal-hal baik," kata Gurdit.

Pihaknya berharap acara yang digelar selama 2 hari ini akan dilakukan lagi di masa-masa mendatang. Dia juga mengatakan tak harus menunggu pihak lain, komunitas di Banyuwangi juga perlu untuk membangun kesadaran kampanye positif dengan media sosial.

Salah satu nara sumber, Ranitya Nurlita membagikan pengalamannya keliling dunia mengampanyekan penggunaan reusable bag, atau tas yang digunakan berulang daripada menggunakan plastik yang sulit terurai. Hal itu terlaksana dengan pembiayaan penyelenggara di negara tujuan.

"Awalnya saya aktif dalam kegiatan menjaga lingkungan, lalu ditulis dan dishare di media sosial. Dengan cara itu, aktivitas kita akan terekam dan bisa diketahui orang lain," kata Lita, sapaan Ranitya Nurlita.

Rekaman itu bisa menjadi referensi berbagai pihak untuk mulai berteman, berbisnis, berkegiatan bahkan membangun kerjasama. Misalnya melalui media sosial Linkedin pencari kerja bisa menulis berbagai pengalaman yang dimiliki di akun masing-masing hingga mudah bertemu lowongan kerja yang sesuai.

"Yang penting kita berusaha berbagi informasi yang bermanfaat untuk orang lain secara rutin. Misalnya ajakan dan pengalaman menjaga lingkungan lewat media sosial, berbagai manfaat akan datang," kata Lita. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES