Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Tingkatkan Cakupan Akta Kelahiran, Bondowoso Dapat Penghargaan Nasional

Jumat, 19 Mei 2017 - 21:41 | 39.46k
Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bondowoso saat menerima penghargaan. (Foto: Istimewa)
Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bondowoso saat menerima penghargaan. (Foto: Istimewa)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil Kabupaten Bondowoso mendapat penghargaan tingkat nasional sebagai 10 Kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil meningkatkan cakupan akta kelahiran di atas target. 

"Alhamdulillah kami berhasil mendapat penghargaan sebagai salah satu Kabupaten/kota yang berhasil meningkatkan cakupan akta kelahiran diatas target," kata Abdul Muthalib, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Jumat (19/05/2017).

Menurut Thalib, Dispenduk Bondowoso dalam upaya meningkatkan cakupan kelahiran, diantaranya adalah melakukan Jemput Bola (Jempol). Jempol sendiri kata dia, petugas Dispenduk Bondowoso langsung mendatangi sejumlah sekolah mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) bahkan ke Pondok Pesantren (Ponpes).

Selain itu, mereka juga memanfaatkan kemajuan teknologi dengan membuat grup Whatsapp bernaggotakan bidan yang bekerja di Rumah Sakit dan Klinik di Bondowoso. 

"Dari grup itu, bidan langsung melaporkan jika ada bayi yang lahir. Yang bersangkutan bisa langsung dapat akta kelahiran," jelas Thalib. 

Dari data Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bondowoso tercatat berhasil meningkatkan cakupan akta kelahiran di atas target, dari semula hanya 26 persen menjadi 96,95 persen.

Sementara itu, Bupati Bondowoso H Amin Said Husni yang saat ini berada di Rusia bersyukur atas prestasi tersebut.

"Alhamdulillah, Semoga prestasi ini menjadi pecut untuk OPD lain untuk terus berinovasi dan berprestasi," katanya.

Penghargaan disampaikan di Rakornas Dukcapil di Gorontalo dan diterima oleh Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bondowoso, Priyono Hadi Siswanto SH mewakili Kepala Dinas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES