Indonesia Positif Ketahanan Informasi Sosial

Jalin Kebersamaan, Kecamatan Ini Gelar Konferensi Bulanan Bersama Desa

Kamis, 18 Mei 2017 - 15:07 | 39.67k
Konferensi desa se-Kecamatan Sukapura di Desa Pakel (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
Konferensi desa se-Kecamatan Sukapura di Desa Pakel (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Sosial

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, punya cara unik untuk menjalin persaudaraan dan mengevaluasi kinerja bersama instansi lain di tingkat kecamatan. Yaitu dengan menyelenggarakan konferensi bulanan.

Konferensi yang diikuti muspika Sukapura serta kepala-kepala desa ini, dilakukan secara bergiliran di sembilan desa. Konferensi pertama tahun 2017, dilakukan di Desa Kedasih, bulan lalu. Sedangkan yang kedua, dilaksanakan di Desa Pakel, Kamis (18/5/2017).

"Kami mulai dari desa dengan medan sulit dulu," kata Camat Sukapura, Yulius Christian, usai konferensi.

Baik Kedasih maupun Pakel, merupakan desa yang dekat dengan Kecamatan Sumber. Medan menuju kedua desa itu juga tak mudah dilalui. Dalam setiap konferensi, peserta membahas masalah-masalah penting. Dalam episode kedua ini, yang menjadi topik pembahasan adalah masalah posyandu dan dana desa (DD).

"Ini juga jadi ajang untuk menyamakan frekwensi dan saling belajar," ujar mantan Kabag Kominfo ini.

Lebih jauh Yulius menyatakan, konferensi ini sejatinya merupakan agenda lawas Kecamatan Sukapura. Tapi sejak belasan tahun terakhir, agenda itu terhenti dan baru dihidupkan lagi sekira dua bulan lalu.

"Dampaknya banyak sekali. Minimal hasilnya secara fisik, kantor desa menjadi lebih rapi dan bersih, dan jalinan kekeluargaan lebih erat," terangnya. Konferensi juga dihadiri tokoh masyarakat Sukapura. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-7 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES