Pendidikan Universitas Islam Malang

FE Unisma Gelar Seminar Nasional Akuntansi Syariah

Selasa, 16 Mei 2017 - 12:32 | 76.65k
Seminar Nasional Akutansi Syariah digelar Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang, Sabtu (13/5/2017). (Foto: Istimewa)
Seminar Nasional Akutansi Syariah digelar Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang, Sabtu (13/5/2017). (Foto: Istimewa)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kegiatan transaksi berdasarkan syariah di Indonesia terus berkembang, khususnya transaksi yang terjadi pada perbankan syariah. 

Kondisi ini menuntut para pelaku ekonomi maupun lembaga keuangan menerapkan sistem akutansi syariah untuk mendukung transaksi berbasis syariah

Terkait hal ini, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang (Unisma) bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Komisariat Daerah Malang Raya khususnya IAI Muda menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Akuntansi Syariah Dalam Penguatan lembaga Keuangan Syariah dan Masa Depan Perekonomian Nasional, Sabtu (13/5/2017) lalu.

Sebagai narasumber acara ini adalah Prof. Dr. Unthi Ludigdo, SE., Msi., Ak., Ca dari IAI Pusat; Wakil Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji, Direktur Penelitian, Pengembangan, Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah OJK Pusat Deden Firman Hendansyah, dan Executive Vice President Bank Syariah Mandiri Ahmad Fauzi.

maskurilMVQT.jpg

Dalam seminar ini disebutkan, akutansi syariah dibutuhkan karena adanya kewajiban atas pelaksanaan Syariah, adanya kebutuhan akibat pesatnya perkembangan transaksi keuangan syariah dan adanya kebutuhan akuntabilitas/pertanggungjawaban, entitas/kelembagaan yang menerapkan prinsip Syariah.

Adapun materi seminar terbagi menjadi 4 subtema yaitu: Arah Kebijakan dan Peran Lembaga Keuangan Syari’ah dalam Penguatan Perekonomian Nasional oleh Deden Firman Hendansyah. 

Kemudian ada Materi “Peran Perbankan Syari’ah dalam Penguatan Perekonomian Nasional” yang dipaparkan Ahmad Fauzi; lalu materi Peran Akuntansi Syari’ah dalam Penguatan Kelembagaan Keuangan Syari’ah dan Perekonomian Nasional” yang disampaikan oleh Prof Dr.Unti Ludigdo SE, MSi, Akt, CA.

Serta materi tentang “Lembaga Keuangan Syari’ah dalam Tinjauan Sosial Ekonomi Masyarakat yang dibahas dengan tuntas oleh Drs. H. Sutiaji ( Wakil Wali Kota Malang) 

Acara ini dihadiri kurang lebih 650 peserta yang terdiri dari IAI Muda Jawa Timur, Pimpinan Cabang NU Malang Raya, kepala sekolah SMA/ MA/SMK, pimpinan Pondok pesantren, dan mahasiswa se Malang Raya. 

Unisma5otMWm.jpg

Dalam Acara ini juga dilaunching program studi Perbankan syariah yang menjadi keluarga baru fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang. Launching dilaksanakan oleh Rektor Universitas islam Malang Prof. Dr. H. Masykuri MSi. 

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang,  Nur Diana SE, MSi dalam sambuatnya menyatakan apresiasinya adanya Prodi Perbankan Syariah.  

"Ini suatu amanah yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab oleh Fakultas Ekonomi Unisma, mengingat selama ini tuntutan dari stakeholder Fakultas Ekonomi Untuk membuka program ini sangat tinggi," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES