Peristiwa Daerah HTI Dibubarkan

HTI Dibubarkan, Ini Kata Para Tokoh Malang

Senin, 08 Mei 2017 - 21:53 | 113.20k
ILUSTRASI - Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) (Foto: SindoNews)
ILUSTRASI - Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) (Foto: SindoNews)
FOKUS

HTI Dibubarkan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pembubaran ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) disambut positif oleh beberapa tokoh di Malang Raya. 

Salah satunya Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Malang, Hasan Abadi. Menurut dia, walau pemerintah telat dalam membubarkan ormas ini, namun langkah ini wajib disyukuri. 

"Akhirnya pemerintah bertindak tepat dan terukur," beber dia. 

Meski begitu, dia meminta agar tetap l waspada, karena masih sangat mungkin HTI bermetamorfosis menjadi berbagai macam bentuk dan menjadi sel-sel yang sulit jangkauannya.

Rektor Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Kepanjen, itu berpendapat, ini saatnya Pemerintah  harus mengarusutamakan organisasi-organisasi yang setia kepada Pancasila dan NKRI.

"Pekerjaan rumah tentang radikalisme tetap harus menjadi fokus  garapan pemerintah, karena tidak hanya HTI yang mengusung radikalisme. Masih banyak organisasi lain yang malah jauh lebih hardcore radicalism," tegas dia kepada TIMES Indonesia, Senin (8/5/2017).

Sementara itu, Rektor Unisma, Prof Dr Masykuri Bakri, berpendapat, pembubaran itu sudah dipikirkan secara matang oleh pemerintah. Terutama dalam rangka menciptakan Indonesia damai. 

"Pemerintah juga tidak gegabah dalam mengambil keputusan mbak, mungkin itu yang akan membawa kemaslahatan umat," kata dia, Senin (8/5/2017). 

Tokoh NU ini juga menegaskan, Islam itu damai. Mestinya seluruh organisasi keagamaan yang ada di negara kita juga harus ikut mnciptakan kedamaian, dan sekaligus mnciptakan harmonisasi dalam keragaman dan perbedaan

"Maka seluruh proses pendidikan mestinya juga mengarahkan pada hal tersebut, tidak ekstrem dan fanatik sempit untuk kelompok tertentu," tegas dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES