Indonesia Positif

BM Al-Amin Ekonomi Integratif dan Komprehensif

Sabtu, 06 Mei 2017 - 04:22 | 27.40k
Pengurus BM Al-Amin Kedungkandang. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
Pengurus BM Al-Amin Kedungkandang. (Foto: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Masing-masing Baitul Maal binaan Baznas Kota Malang memiliki keistimewaan sendiri. Salah satunya BM Al-Amin Kedungkandang yang mempunyai kelengkapan program. 

Di sini ada kemandirian ekonomi, ada kemandirian kesehatan, dan ada kemandirian pendidikan. Dalam bidang kemandirian ekonomi masyarakat miskin, BM Al-Amin banyak memberikan sokongan pada pertanian herbal yang dikembangkan Kube PKKM.

Abdul Wahid, Bendahara BM Al-Amin memaparkan ciri pengembangan ekonomi berbasis pertanian ini memang cocok dengan karakter wilayah Kota Malang Bagian Timur ini. 

Sedangkan Imam, Sekretaris BM Al-Amin mengatakan saat ini sudah ada dua pabrik plastik binaan Baznas Kota Malang berada di wilayah ini. Yaitu pabrik inject dan pabrik kresek,.

Untuk menyokong konsep hulu hilir dalam bidang pertanian, di wilayah Kedungkandang, binaan BM Al-Amin ini, akan membentuk Kampung Kambing.

Kampung Kambing yang akan dilaunching pada bulan ini merupakan sebuah perkampungan dimana masyarakat akan melakukan pengembangan usaha ternak kambing. 

Periode pertama 100 Kambing, selanjutnya 150 kambing, lalu 300 kambing sampai pada akhirnya semua kampung di wilayah ini akan mempunyai Kube Peternakan Kambing.

Baznas-Kota-MalangPAm9x.jpg

Wahid, Ketua BM Al-Amin menjelaskan konsep kampung kambing sduah matang.  Bahkan limbah kotoran kambingpun sudah dipikirkan solusinya.  Diharapkan sekitar 2000 kambing tersebut akan menjadi potensi bagi pendirian pabrik pupuk kandang. 

Pupuk kandang tersebut akan mensuplai pupuk non organik yang dibutuhkan Kampung Wisata dan Edukasi Herbal milik PKKM.

Usaha lain yang banyak berkembang di wilayah ini adalah usaha kuliner yang mendukung Kampus Wisata Edukasi, yang telah diresmikan Wali Kota Malang, M Anton pada Tahun 2016 yang lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES