Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Isi Liburan, Ratusan Santri Ikuti Pekan Dauroh Tahfidz

Selasa, 02 Mei 2017 - 01:24 | 112.08k
Suasana kegiatan Pekan Dauroh Tahfidz Mufourga Purbalingga di Aula Ponpes, Senin (1/5/2017) (Foto: Mufourga Purbalingga For TIMES Indonesia)
Suasana kegiatan Pekan Dauroh Tahfidz Mufourga Purbalingga di Aula Ponpes, Senin (1/5/2017) (Foto: Mufourga Purbalingga For TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masa liburan Ujian Nasional (UN) dapat diisi berbagai kegiatan positif. Salah satunya dengan mengikuti Pekan Dauroh Tahfidz yang diselenggarakan oleh Madrasah Tsanawiyah  Muhammadiyah 04 Purbalingga (Mufourga) di Slinga, Jawa Tengah. 

Sedikitnya ada 100 santri yang mengikuti kegiatan itu. Dauroh tahfidz atau kegiatan menghafal al Quran ini, dilaksanakan selama satu pekan sebagai kegiatan outing clas. Dan diperuntukan bagi santri atau siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan siswa-siswi Mufourga Purbalingga.

Kepala Mufourga Purbalingga, Aris Pujianto menjelaskan bahwa, Dauroh Tahfidz berlangsung mulai hari Senin sampai Sabtu (1-6/5/2017). Dengan diikuti oleh empat Madrasah Ibtidaiyah dari dua Desa di Kecamatan Kaligondang.

“Madrasah itu antara lain, MIM Slinga 1, MIM Slinga 2, MII Slinga dan MIM Kembaran Wetan. Insya Allah, jumlah peserta mencapai 100 anak. Dan mereka dipilih oleh Madrasah masing-masing untuk bersama-sama menghafal al Quran selama sepekan kedepan,” kata Aris, Senin (1/5/2017).

Aris juga menjelaskan, bahwa untuk kelas IX sedang melaksanakan Ujian Nasional (UN). Maka selama sepekan, para peserta akan mendapatkan bimbingan oleh siswa-siswi kelas VIII dengan di dampingi oleh para ustadz.

Aris menambahkan kegiatan positif tersebut dilaksanakan sebagai langkah strategis dalam membekali santri atau siswa agar memiliki semangat memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya.

“Selain itu juga untuk mendidik santri atau siswa agar memiliki kepedulian. Utamanya kepedulian berbagi ilmu dan pengalaman dalam menghafal al Quran. Serta membiasakan sejak dini untuk berani berbicara di depan orang banyak,” jelas Aris.

Untuk lancarnya kegiatan tersebut, lokasi Dauroh dibagi menjadi tiga tempat. Untuk MIM Slinga 1 dan 2 di Aula Ponpes. Kemudian MIM Kembaran Wetan di Mushola al Ikhlas Desa Kembaran Wetan.Dan untuk MII Slinga di Masjid Nurul Hidayah di Padukuhan Siabang, Slinga.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES