Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

UWG Makin Mantap dengan Bertambahnya Asesor Sertifikasi Kompetensi

Senin, 01 Mei 2017 - 20:32 | 52.77k
3 asesor baru UWG, Dr. Ir. Suslam Pratamaningtyas, MP, Ketua Program Studi Agroteknologi, Dr. Ir. Tri Wardhani, MP, dosen Program Studi Agroteknologi dan Ir. Enny Sumaryati, MP, Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.(Foto: ajp.TIMES Indonesia)
3 asesor baru UWG, Dr. Ir. Suslam Pratamaningtyas, MP, Ketua Program Studi Agroteknologi, Dr. Ir. Tri Wardhani, MP, dosen Program Studi Agroteknologi dan Ir. Enny Sumaryati, MP, Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.(Foto: ajp.TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Universitas Widyagama Malang telah berhasil membentuk LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) setahun yang lalu. Dan kini Universitas Widyagama Malang, khususnya Fakultas Pertanian, menambah jumlah asesor sertifikasi kompetensi.

Mereka adalah Dr. Ir. Suslam Pratamaningtyas, MP, Ketua Program Studi Agroteknologi, Dr. Ir. Tri Wardhani, MP, dosen Program Studi Agroteknologi dan Ir. Enny Sumaryati, MP, Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.

Perlu diketahui asesor adalah seseorang yang berhak melakukan asesmen terhadap suatu kompetensi, sesuai dengan ruang lingkup asesmennya.

Uwiga-3ZDMCg.jpg

Saat ini alumni program Strata-1 harus memiliki SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) disamping ijazah kesarjanaan yang dimiliki. SKPI ini menjelaskan kompetensi apa yang dimiliki oleh pemegangnya. Semakin banyak SKPI yang dimiliki oleh seseorang, maka semakin tinggi kualitas SDM pemegangnya.

Kemarin, 25-29 April 2017, tiga orang dosen Fakultas Pertanian UWG mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Calon Asesor Kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Nasional Wonojati di BLK Wonojati Malang. 

Acara yang diikuti oleh 25 peserta ini berlangsung dengan sangat ketat dan disiplin. Menyajikan 6 materi dengan 3 orang trainer master asesor dan 3 orang penguji yang ditunjuk langsung oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Pusat.

Uwiga-2WhAbM.jpg

Pelatihan yang bertujuan menghasilkan asesor yang profesional untuk mendukung pelaksanaan uji kompetensi ini disebut oleh Tri Wardhani. Ia merasa memasuki "dunia lain" karena padatnya tugas yang menuntut kesiapan fisik dan mental yang luar biasa.

"Sebagai bentuk keseriusan kami menjalankan tugas sebagai asesor kompetensi nanti, kami akan melakukan studi banding ke TUK (Tempat Uji Kompetensi) bidang pertanian yang di Malang baru ada di 3 perguruan tinggi. Setelah itu, kami akan mendirikan TUK di Fakultas Pertanian UWG," janji Tri Wardhani, dosen Program Studi Agroteknologi Fakuktas Pertanian yang juga istri Dekan Fakultas Hukum UWG. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES