Peristiwa Daerah

Peringati Hari Buruh, Jurnalis Bali Suarakan Hak Pekerja

Senin, 01 Mei 2017 - 13:05 | 31.09k
Ketua AJI Denpasar saat melakukan orasi di depan kantor Gubenur Bali, Senin (01/05/2017).(Foto Khadafi/Times Indonesia) 
Ketua AJI Denpasar saat melakukan orasi di depan kantor Gubenur Bali, Senin (01/05/2017).(Foto Khadafi/Times Indonesia) 

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari buruh internasional atau lebih dikenal dengan Mayday. Puluhan jurnalis ikut menggelar aksi damai peringatan Hari Buruh Internasional di depan kantor Gubenur Bali, Senin (01/05/2017).

Para buruh tinta menuntut kesejahteraan karena gaji mereka yang belum cukup untuk kehidupan sehari-hari di Bali, apalagi biaya hidup di Bali lebih mahal ketimbang di Jawa Timur khususnya Surabaya. 

Hari Puspita Ketua Aliansi Jurnalistik Independen (AJI) Denpasar menjelaskan, para jurnalis ikut menyuarakan tentang hak-hak pekerja media atau jurnalis karena tidak semua pekerja media mendapat upah layak dan hak-hak lainnya.

jurnalisfjtha.jpg

"Walau kondisi di ekonomi di media agak sulit tetapi standar hak-hak jurnalis harus di upayakan," ucapnya pada Times Indonesia. 

Menurut Puspita, di Bali masih banyak  media yang memberi upah jauh dari Upah Minimum Kabupaten atau Kota (UMK).

mayday-bali1l4omH.jpg

"Kedepannya harus terus di perjuangkan," ucapnya.

Lebih jauh lagi Puspita mengatakan bahwa di era Presiden Jokowi sama saja tak ada perubahan kesejahteraan bagi para jurnalis bahkan belakangan ini ada edaran untuk tidak menggelar May Day.

may-day-balidFYoA.jpg

" Tidak ada perubahan yang berarti di era Jokowi ini, untuk di Bali gaji wartawan itu harusnya sejajar dengan Jawa Timur sekitar Rp 3 juta karena kebutuhan Surabaya dan Denpasar itu seharusnya sejajar tidak lebih rendah dari surabaya, dan hanya pemerintah yang bisa membuat kebijakan itu lewat payung hukum yang ada." ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES