Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Perkuat Posisi Sebagai Produsen Kopi, Bondowoso Undang SCOPI

Minggu, 30 April 2017 - 20:04 | 46.44k
Kunjugan Direktur Ekskutif SCOPI, Veronica Herlina, Coffee Global Platform dan IDH ke Kabupaten Bondowoso. (Foto: Sofya/TIMES Indonesia)
Kunjugan Direktur Ekskutif SCOPI, Veronica Herlina, Coffee Global Platform dan IDH ke Kabupaten Bondowoso. (Foto: Sofya/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Bupati Bondowoso H Amin Said Husni terus berupaya memperkuat Bondowoso sebagai produsen kopi unggulan di Nusantara. Hal ini dibuktikan dengan usahanya mendatangkan Direktur Eksekutif Sustainable Sustainable Coffee Platform Indonesia (SCOPI) Veronica Herlina, Manager Regional Global Coffee Platform (CGP) Wahyu Wibowo serta Imam Suharto dari IDH Jakarta.

Kepada TIMES Indonesia, Amin mengatakan jika Bondowoso telah resmi menjadi anggota SCOPI yang keanggotaannya diwakili oleh Asosiasi Petani Kopi Indonesia (APEKI) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Ke depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso dan SCOPI juga akan melaksanakan pelatihan Master Training Arabika dan diikuti anggota SCOPI yang terdiri dari 15 provinsi produsen kopi. 

"Setelah sebelumnya kita kerjasama soal pembuatan Kurikulum Nasional kopi Robusta, rencananya Pemkab dan SCOPI akan menggelar Pelatihan Master Training Arabika dan akan dikuti seluruh anggota SCOPI dari 15 Provinsi diseluruh Nusantara," ujar Amin, Minggu (30/4/2017).

Dengan menjadi anggota SCOPI, Amin, berharap hal tersebut dapat memperkuat posisi Bondowoso sebagai penghasil kopi terbaik dan semakin menegaskan posisinya sebagai Republik Kopi. Selain itu, SCOPI yang merupakan mitra dari organisasi kopi Internasional, Coffee Global Platform (CGP) dapat menjadi pintu gerbagi bagi Bondowoso agar dapat mengikuti event kopi kelas wahid di dunia. 

"Ini juga sebagai pintu gerbang bagi Bondowoso untuk mengikuti event kopi internasional karena SCOPI adalah mitra dari CGP," katanya. 

Dalam pertemuan yang digelar di Pendopo tersebut, Bupati didampingi oleh Sekretaris Daerah Hidayat, Asisten 2 Moh Erfan, Kepala Inspektorat Wahjudi Triatmadji,  Kepala Dinas Pertanian H Munandar, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Bambang​ Soekwanto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Haeriyah Yuliati dan Ketua APEKI Bondowoso Sumarhum. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES