Peristiwa Nasional

Kemenpar Tetapkan Lima Destinasi Wisata Kuliner

Sabtu, 29 April 2017 - 01:15 | 35.77k
Yogyakarta sebagai salah satu tempat destinasi wisata kuliner yang telah ditetapkan oleh Kemenpar Arief Yahya (Foto: hipwee)
Yogyakarta sebagai salah satu tempat destinasi wisata kuliner yang telah ditetapkan oleh Kemenpar Arief Yahya (Foto: hipwee)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pariwisata terus menggenjot kunjungan wisata ke Indonesia. Beragam promosi dilakukan kemenpar melalui berbagai media di hampir seluruh dunia. Selain destinasi wisata, Kementerian Pariwisata juga sedang mempromosikan desnitasi wisata kuliner.

Sebab selama ini makanan Indonesia sudah cukup dikenal di mancanegara. Bahkan beberapa makanan khas Indonesia menjadi makanan terfavorit para 'bule'.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyatakan ada lima destinasi wisata kuliner yang telah ditetapkan oleh Kemenpar. 

"Kami menetapkan Bali, Bandung dan Joglosemar (Yogyakarta, Solo, Semarang, red) sebagai destinasi wisata Kuliner di Indonesia," terangnya. 

Ketua Tim Percepatan Destinasi Wista Kuliner dan Belanja, Vita Datau ungkapkan bahwa pemilihan tiga daerah itu didasarkan pada selain karena kuliner kaya juga karena komitmen pemerintahnya akan wisata kuliner.

"Kriterianya salah satunya yang tinggi adalah komitmennya pemerintah di samping potensinya yang luar biasa," ungkap Vita.

Rencananya lima destinasi itu akan dijadikan ikon wisata kuliner terbaik di Indonesia. 

"Itu daerah itu akan kita kembangkan khusus jadi destinasi standart global. Sekarang sop-nya sedang dikerjakan yang dibantu dengan beberapa komunitas," tambahnya.

Saat ini kementerian pariwisata bersama dengan badan ekonomi kreatif tengah mempromosikan soto yang menjadi ikon kuliner Indonesia. Dimana bekraf telah menentukan Soto sebagai ikon kuliner Indonesia.

"Bekraf sudah menentukan bahwa soto sebagai ikon kuliner khas Indonesia jadi kita dukung. Ini sebagai bentuk atau komitmen Indonesia corporated. Ini juga dimaksudkan agar mudah meningat makanan yang mencirikan Indonesia ke luar," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES