Peristiwa Daerah

55 PTKIN Tolak Paham Bahayakan Pancasila dan NKRI

Jumat, 28 April 2017 - 19:32 | 33.60k
Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin (Foto: Setkab)
Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin (Foto: Setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebanyak 55 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia mendeklarasikan diri menolak segala bentuk paham intoleran, radikalisme, dan terorisme yang membahayakan Pancasila dan keutuhan NKRI.

Deklarasi yang dibacakan di UIN Ar Raniri, Nanggrou Aceh Darussalam (NAD), pada Rabu (26/4/2017), dihadiri oleh Ketua Forum Pimpinan PTKIN se-Indonesia, Prof Dr H. Dede Rosyada, MA, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dan 3.500 peserta Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) VIII 2017.

Dalam deklarasi tersebut, terdapat 5 sikap yang akan dilakukan oleh 55 PTKIN dalam menjaga NKRI. Salah satunya, ialah mengembangkan nilai-nilai ajaran Islam yang rahmatan lil alamin, Islam inklusif, moderat, menghargai kemajemukan dan realitas budaya dan bangsa.

Deklarasi ini, juga menyebutkan bahwa seluruh PTKIN akan membulatkan diri menjadikan Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara.

Berikut lima poin deklarasi Aceh:

1. Bertekad bulat menjadikan Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara.

2. Menanamkan jiwa dan sikap kepahlawanan, cinta tanah air dan bela negara kepada setiap mahasiswa dan anak bangsa, guna menjaga keutuhan dan kelestarian NKRI.

3. Menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai ajaran Islam yang rahmatan lil alamin, Islam inklusif, moderat, menghargai kemajemukan dan realitas budaya dan bangsa.

4. Melarang berbagai bentuk kegiatan yang bertentangan dengan Pancasila, dan anti-NKRI, intoleran, radikal dalam keberagamaan, serta terorisme di seluruh PTKIN.

5. Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 dalam seluruh penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan penuh dedikasi dan cinta tanah air. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES