Indonesia Positif

Hebat, Dosen STIKI Tembus Prosiding Internasional

Jumat, 21 April 2017 - 17:15 | 43.19k
Bapak Mukhlis Amien, M.Kom. (Grafis: TIMES Indonesia)
Bapak Mukhlis Amien, M.Kom. (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – STIKI Malang makin bersinar di dunia Internasional. Hari ini, Jumat (21/4/2017) Dosen STIKI Malang, Mukhlis Amien, M.Kom, bersama rekan-rekannya berhasil mempublikasikan paper mereka dalam “Proceedings of the 7th International Conference on Bioscience, Biochemistry and Bioinformatics” di ACM New York

Paper berjudul Identification of Gene Expression Linked to Malignancy of Human Colorectal Carcinoma using Restricted Boltzmann Machines ini merupakan paper yang dipresentasikan di Thailand beberapa waktu yang lalu. Karya ilmiah ini menggunakan metode machine learning untuk pengidentifikasian ekspresi gen yang terkait dengan keganasan kanker usus manusia.

Mukhlis yang menjabat sebagai kepala program studi S1 Teknik Informatika ini merasa beruntung karena tempatnya belajar menyediakan berbagai fasilitas biomedis-informatika yang diperlukan selama penelitian.

Biomedis-informatika merupakan cabang keilmuan yang memfokuskan pada penggunakan informasi dan teknologi untuk penelitian kesehatan. Umumnya, penelitian biomedis-informatika berkaitan dengan gen.

Ada beberapa bagian dari gen yang tidak memungkinkan untuk diteliti dengan ilmu matematika umum. Karena itu, diperlukan teknik komputasi untuk menganalisanya.

Dalam penelitiannya, untuk melakukan profiling ekspresi gen digunakan RBM Gauss. Hasil akhir menunjukan adanya korelasi signifikan antara dua jumlah besar klaster gen dengan keberadaan tumor & penyebaran kanker. Tetapi, tidak ditemukan korelasi signifikan antara klaster gen dengan penyebaran kanker kelenjar getah bening.

Dosen kelahiran Kota Batu ini pernah juga melakukan penelitian bertaraf publikasi global lain yang berkaitan dengan biomedis-informatika. Penelitian yang diseminarkan dalam konferensi IC3INA (International Conference onComputer, Control, Informatics and its Applications) 2016 ini bertajuk Cancer Subtype Identification using Deep Learning Approach.

Dengan pendekatan deep learning, penelitian ini mengidentifikasi dua subtipe kanker karsinoma pada usus manusia. Proses identifikasi menggunakan informasi dari ekspresi gen dan data klinis yang diperoleh dari proses integrasi data. Hasilnya, teridentifikasi dua kelompok pasien dengan subtipe kanker yang berbeda secara signifikan.

“Ke depan, semoga semakin banyak dosen STIKI yang melakukan penelitian ilmiah dan terpublikasi di jurnal internasional,” harap Mukhlis menutup wawancara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES