Politik

Tahapan Pilwali Probolinggo Dimulai 4 Bulan Lagi

Jumat, 21 April 2017 - 14:53 | 50.28k
Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri (foto: Istimewa)
Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri (foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tahapan pemilihan Wali Kota (pilwali) Probolinggo, Jawa Timur akan dimulai Agustus ini, atau empat bulan lagi. Sedangkan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), akan dilakukan 27 Juni 2018.

Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri mengatakan, jadwal itu telah ditetapkan oleh KPU RI. "Ini sesuai dengan estimasi kami sebelumnya. Untuk pendaftaran calon independen, diperkirakan November atau Desember tahun ini," katanya kepada TIMES Indonesia, Jumat (21/4/2017).

Saat ini, lanjut Hudri, pihaknya masih menunggu Peraturan KPU (PKPU) tentang jadwal dan tahapan pilkada serentak tahun 2018. Peraturan itu akan menjadi dasar bagi pihaknya sebagai penyelenggara, untuk bergerak mempersiapkan tahapan pilwali.

Mulai tahap persiapan seperti penanda tanganan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) terkait anggaran, membentuk panitia ad hoc, penerimaan DP4 dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) dan seterusnya.

Hudri menambahkan, selain melaksanakan pilwali, di waktu bersamaan pihaknya juga melaksanakan Pemilihan Gubernur (pilgub) Jawa Timur; serta verifikasi partai politik peserta pemilu 2019.

Siapa Calon Wali Kota Probolinggo 2018 Pilihan Anda? Klik: Di Sini

Berkaitan dengan tahapan pilwali ini, sejumlah figur kandidat calon wali kota dan wakil wali kota mulai bermunculan. Ada Fernanda Zulkarnain yang dimunculkan Partai Golkar, Hadi Zainal Abidin yang dimunculkan PKB, Zulfikar Imawan yang dimunculkan Partai Nasdem, Nasution dari PDIP, Syamsu Alam, dan Rukmini sebagai incumbent.

Di bursa bakal calon wakil, antara lain ada nama Muchlas Kurniawan (Golkar), Roy Amran (Nasdem), Kusnadi (Demokrat), Ali Muhtar (PKB), dr Aminuddin (profesional), dr Bambang Agus Suwignyo (birokrasi), Suwito (aktivis LSM), AAA Rudyanto (Gerindra) serta Agus Riyanto (PDIP). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES