Peristiwa Daerah

Basarnas Bekali Teknik Penyelamatan Diri pada Jurnalis

Jumat, 21 April 2017 - 11:01 | 46.26k
Komandan Tim Operasi Kantor SAR Surabaya Johan Saptadi memberikan materi manajemen penanganan bencana pada jurnalis dalam acara workshop Safety Journalist Training (Foto-foto: Angga/TIMES Indonesia)
Komandan Tim Operasi Kantor SAR Surabaya Johan Saptadi memberikan materi manajemen penanganan bencana pada jurnalis dalam acara workshop Safety Journalist Training (Foto-foto: Angga/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Sar Nasional (Basarnas) Surabaya, memberikan materi penanganan bencana dan kendala dilapangan kepada jurnalis, untuk mengetahui bagaimana proses penyelamatan diri dan perlengkapan peliputan di wilayah yang rawan.

Materi tersebut diberikan Basarnas saat acara workshop Safety Journalist Training di Gedung Pertamina MOR V Surabaya, Jumat (21/4/2017).

aji4eCsBv.jpg

Kesigapan dan penyiapan perlengkapan untuk peliputan di daerah rawan bencana maupun konflik sangatlah perlu, maka dari itu perlu menyiapkan perlengkapan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan dalam menyampaikan berita kepada khalayak publik.

aji3I4dtc.jpg

Menurut Komandan Tim Operasi Kantor SAR Surabaya Johan Saptadi, dalam kegiatan peliputan di daerah bencana atau konflik jurnalis harus berkoordinasi dengan leader yang menangani hal tersebut, dan menyiapkan perlengkapan.

aji1WSYaI.jpg

"Alat perlindungan diri harus disiapkan benar bila akan meliput diwilayah bencana seperti, peluit yang digunakan bila dihutan alat komunikasi seperti handphone tidak berfungsi, maka peluit bisa digunakan," imbuhnya.

AJIanggaiLtFV.jpg

Maka dari itu, perlunya perlengkapan seperti itu bisa digunakan sebagai perlengkapan jurnalis dilapang sehingga sedikit lebih aman dalam menjalankan tugas di daerah bencana.

"Ya mungkin para jurnalis dapat membeli perlengkapan sendiri yang masih bisa dijangkau, dan diharapkan membawa perlengkapan tersebut disetiap saat agar bisa digunakan sewaktu-waktu," lanjutnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES