Peristiwa Daerah

'Bang Napi' di Lapas Lamongan Khataman Al-Quran

Kamis, 20 April 2017 - 11:30 | 92.72k
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lamongan, Yuhronur Efendi memberi sambutan dalam Nusantara Mengaji, Khataman Al-Quran di Lapas Klas IIB Lamongan, Kamis (20/4/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lamongan, Yuhronur Efendi memberi sambutan dalam Nusantara Mengaji, Khataman Al-Quran di Lapas Klas IIB Lamongan, Kamis (20/4/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada pemandangan menarik di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Kamis (20/4/2017) pagi ini. Lantunan ayat-ayat suci A lQuran digemakan para narapidana (napi).

"Kegiatan Nusantara Mengaji ini serentak dilakukan para warga binaan rutan dan lapas di seluruh Indonesia. Para warga binaan bersama-sama melakukan khataman Al-Quran," kata Kepala Lapas Klas IIB Lamongan, Slamet Supartono.

Kegiatan yang terselenggara berkat kerjasama Nusantara Mengaji dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kemenkumham RI dan Museum Rekor Indonesia (MURI), juga dihadiri Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), MUI Lamongan.

Khataman-21Jfjz.jpg

"Di Lapas Lamongan ini ada 60 napi tahanan yang ijut mengaji. Napi teroris ikut satu, semua kasus juga ikut, narkoba, korupsi juga ada," ucap Slamet.

Ia menjelaskan, jumlah warga binaan yang dilibatkan dalam khataman Al-Quran, itu berasal dari total warga binaan di Lapas Klas IIB Lamongan sebanyak 375 semua. "Sebenarnya overload, kita kapasitas 205, kelebihan 170," ujarnya. 

Para warga binaan, dalam memperingati hari bakti Kemasyarakatan ke - 53 ini, masing-masing mendapat jatah membaca 1 juz.

Khataman-3mrECx.jpg

Slamet menambahkan, Lapas Klas IIB Lamongan sebelumnya telah melakukan kegiaran rutin mengaji setiap harinya. "Kita khataman seminggu sekali karena kita kerjasama dengan MUI, Depag dan SPMAA (Yayasan Sumber Pendidikan Mental Agama Allah).Kecamatan Turi, Lamongan," tuturnya. 

Pernyataan dukungan juga disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lamongan, Yuhronur Efendi yang menyebut kegiatan ini bisa menyejukkan suasana.

Lebih lanjut, Yuhronur menambahkan, dengan ikut khataman Al-Quran, warga binaan bisa mendapatkan kedamaian hati dan ketentraman jiwa. Ia pun berharap, para warga binaan mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat. 

Khataman-4onHua.jpg

"Al-Quran akan membimbing kita ke arah kebaikan, khataman ini luar biasa, ini akan membawa manfaat pada kedamaian hati, ketentraman hati. Di tempat ini kita bisa mendapatkan kebahagian dan ketentraman hati akan kita dapatkan," ujarnya menambahkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES