Kesehatan

Si Hijau Kaya Manfaat

Kamis, 20 April 2017 - 03:42 | 1.27m
ILUSTRASI: Kacang hijau. (Foto: Seruni.id)
ILUSTRASI: Kacang hijau. (Foto: Seruni.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kacang hijau sejak dulu dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan pengobatan menggunakan kacang hijau sudah dilakukan sejak ribuan tahun lali di China.

Kacang hijau sendiri mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B kompleks seperti vitamin B1 (tiamin) dan B2 (riboflavin), niacin, dan asam amino. Si hijau ini berkhasiat sebagai obat beri-beri, demam nifas, pelancar air seni, dan kurang darah. 

Selain itu ada manfaat lain dari kacang hijau yang telah dirangkum oleh tim litbang TimesIndonesia. 

1. Mengobati anemia (kurang darah)

Kacang yang satu ini memang kaya akan kandungan zat besi, sehingga sangat bermanfaat untuk para penderita kurang darah. Bahkan diantara jenis kacang-kacangan lainnya, kandungan zat besi pada kacang hijau paling tinggi. 

2. Menurunkan berat badan

Kacang hijau juga baik untuk mereka yang sedang dalam program diet. Kandungan serat yang tinggi serta rendah lemak membuat makanan ini cocok bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Tapi jangan lupa dibarengi dengan olahraga teratur agar tetap sehat.

3. Untuk Ibu Hamil dan janin

Orang-orang zaman dahulu sangat menganjurkan pada wanita hamil untuk mengkonsumsi kacang hijau. Anjuran tersebut diamini oleh medis karena berdasarkan penelitian kandungan protein dalam kacang hijau sangat berguna untuk pertumbuhan sel. Wanita yang selama kehamilan rajin mengkonsumsi kacang hijau biasanya mempunyai bayi dengan rambut lebat.

4. Makanan pendamping ASI

Makanan Pendamping ASI atau sering disingkat MP-ASI biasanya diberikan pada bayi berusia 6 bulan. Dan makanan yang paling direkomendasikan sebagai pendamping ASI adalah kacang hijau. Vitamin B kompleks yang terkandung di dalamnya akan membuat pertumbuhan bayi lebih maksimal.

5. Mengurangi kolesterol

Jika Anda menderita kolesterol yang sangat tinggi, Anda bisa menguranginya. Pengonsumsian kacang hijau secara teratur bisa mengurangi kadar kolesterol yang berada di tubuh, makanan rendah kolesterol ini memiliki kandungan serat mudah larut, serat ini terpacu pada beberapa partikel yang sulit di cerna.

6. Mengurangi risiko kanker payudara

Kacang hijau ialah jenis kacang yang mempunyai kandungan zat yang berguna untuk memerangi infeksi virus. Zat ini akan memperlambat adanya pertumbuhan sel kanker tertentu termasuk sel yang berada di kanker payudara. Zat ini juga bisa mencegah terbentuknya sel tumor. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES