Indikator
  • USD → IDR Jual: 13,307 • USD → IDR Beli: 13,321
  • EUR → IDR Jual: 15,495 • EUR → IDR Beli: 15,515
  • HKD → IDR Jual: 1,704 • HKD → IDR Beli: 1,706
  • JPY → IDR Jual: 119 • JPY → IDR Beli: 119
  • AUD → IDR Jual: 10,531 • AUD → IDR Beli: 10,548
  • SGD → IDR Jual: 9,754 • SGD → IDR Beli: 9,772
  • Emas Jual → 550,000 • Emas Beli → 528,000
  • Perak Jual → 10,300
  • Update Tanggal 22-07-2017

Makanan yang Baik untuk Sel Otak Anak

Home / Kesehatan / Makanan yang Baik untuk Sel Otak Anak
Makanan yang Baik untuk Sel Otak Anak ILUSTRASI: Makanan yang Baik untuk Sel Otak Anak. (Foto: Brainking Plus)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berbicara tentang perkembangan anak, tak luput dari asupan gizi yang dikonsumsi.  Berdasarkan laman Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA, dalam artikel Nutrisi Pengungkit Otak, agar perkembangan kecerdasan otak si Kecil tetap optimal, Anda perlu memberikannya nutrisi yang lengkap. 

Apa saja nutrisi yang bisa merangsang sel-sel otak, memperbaiki fungsi dan meningkatkan daya ingat, serta konsentrasi berpikir anak? 

Sedikitnya ada empat nutrisi yabg wajib diberikan pada anak dalam masa golden age (1-5 tahun) 

1. Minyak ikan
Sebagai sumber DHA, minyak ikan sangat baik perkembangan otak si Kecil. Sebab minyak ikan berperan besar dalam pembentukan sel-sel saraf dan cabang sel saraf otak. Tidak hanya itu, nutrisi ini juga baik untuk indera penglihatan, kesehatan tulang, serta kulit. 

2. Asam lemak Omega-3 dan Omega-6
Omega 3 (Asam α-Linoleat), dan Omega 6 (Asam Linolenat) juga berperan penting untuk mendukung proses belajar si Kecil agar lebih optimal. Selain dari ikan berlemak tinggi seperti salmon atau tuna, Bunda bisa memperoleh Omega-3 dari kacang walnut, biji kapok, sayuran berdaun hijau, telur, susu, kedelai, jus, yoghurt, roti, sereal, dan margarin. Sementara untuk Omega-6, terkandung dalam minyak jagung, minyak kedelai, minyak biji bunga matahari, atau minyak canola.

3. Asam amino
Untuk si Kecil, asupan asam amino sangat penting untuk mengoptimalkan daya ingatnya. Agar bisa memenuhi kebutuhan ini, Anda bisa memberikannya asupan yang mengandung protein hewani. Seperti daging sapi, ayam, atau telur. Selain itu, dapat juga menyajikan kacang kedelai, alpukat, gandum, kacang hijau, kacang tanah, maupun cokelat.

4. Tyrosine
Tyrosine merupakan asam amino penting. Bagi otak, kecukupan tyrosine bisa membantu si Kecil mengoptimalkan konsentrasi. Tyrosine terdapat pada hati ayam, keju, alpukat, pisang, ragi, ikan, dan daging. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com