Pendidikan

Panut Mulyono Rektor UGM 2017-2022

Senin, 17 April 2017 - 23:15 | 242.39k
ILUSTRASI: Panut Mulyono Rektor UGM yang baru (Grafis: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Panut Mulyono Rektor UGM yang baru (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rapat Majelis Wali Amanat (MWA) UGM, Senin (17/4) akhirnya memilih Prof Dr Panut Mulyono, M. Eng, D.Eng, Dekan Fakultas Teknik UGM, sebagai Rektor UGM 2017-2022.

Proses terpilihnya Panut menjadi rektor UGM berlangsung dalam tiga putaran. Panut akhirnya menggaet 15 suara. Sedangkan Ali Agus memperoleh 10 suara. Panut di putaran terakhir mengantongi 9 suara dari MWA dan 6 suara Menristek Dikti. Pada putaran terakhir ini, kedua calon memperebutkan total 25 suara (16 MWA dan 9 suara Menristek Dikti).

Calon lain sampai pada tahap akhir pemilihan rektor UGM ini adalah Dr Erwan Agus Putranto, dan Prof Dr Ali Agus. Dari ketiga calon tersebut, Dr Erwan Agus yang kini menjabat Dekan Fisipol UGM merupakan calon termuda.

Panut terpilih menggantikan rektor sebelumnya Prof Dr Dwikorita Karnawati yang menjabat sebagai rektor meneruskan jabatan Prof Dr Pratikno yang diangkat menjadi Menteri Sekretaris Negara dalam Kabinet Presiden Joko Widodo. Dwikorita sempat menjabat sebagai rektor selama dua tahun lebih.

Ketua Umum Pengurus Pusat Kagama Ganjar Pranowo langsung megucapkan selamat atas terpilihnya rektor baru. ''Kami menyampaikan apresiasi kepada panitia seleksi dan Pemilihan Rektor UGM karena telah mengawal seluruh tahapan pilrek sehingga berlangsung dengan lancar, tertib, damai, partisipatif, dan damai,'' katanya.

Menurut Ganjar, pemilihan rektor UGM ini bisa menjadi contoh bagi seluruh elemen bangsa tentang bagaimana mengelola keragaman dan perbedaan tanpa menciderai nilai-nilai demokrasi. Juga tetap menjaga etika atau keadaban dalam berkompetisi.

Kagama juga berharap agar Panut sebagai Rektor Baru meneruskan kinerja Dwikorita yang terus membawa kemajuan UGM. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : CoWasJP.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES