Kuliner

Besok, Chef Juna Pamer Keahlian Memasak di Banyuwangi Kuliner

Rabu, 12 April 2017 - 01:19 | 69.77k
Chef Juna (Foto: kapanlagi)
Chef Juna (Foto: kapanlagi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada yang baru dalam acara Banyuwangi Kuliner Festival tahun ini, yang tepatnya digelar Rabu (12/4/2017) besok di ruas jalan sebelah selatan Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur.

Acara hasil gawe Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopum) Banyuwangi itu akan dihadiri koki nasional Chef Juna disertai pelatihan Fruit Carving atau mengukir buah.

“Rencananya 60 orang ibu-ibu PKK akan mengikuti pelatihan tersebut, buah yang diukir semangka. Kita adakan karena pembangunan beberapa hotel di Banyuwangi, dan banyaknya acara yang digelar di Banyuwangi menuntut tersedianya berbagai bentuk makanan yang enak dan indah,” kata Plt Kadiskopum Banyuwangi Alief R Kartiono, Selasa (11/4/2017).

Selain festival kuliner yang menyediakan berbagai pangan olahan khas Banyuwangi, acara besok juga digelar dengan lomba menghidangkan masakan khas Suku Osing Banyuwangi, ‘Pecel Pitek’. Pendaftaran lomba itu telah ditutup dengan 190 peserta yang terbagi dalam 3 kategori.

Kategori A atau umum untuk peserta hotel, restoran, warung dan tata boga. Kategori B untuk perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), perwakilan koperasi dan perbankan. Sementara kategori C diperuntukkan peserta dari organisasi wanita di Banyuwangi seperti Bhayangkari, PKK dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Banyuwangi.

“Kita juga akan melihat bagaimana Chef Juna mempresentasikan menu Pecel Pitek. Nah yang lomba, akan membawa bahan dari rumah, tinggal menyajikannya dan mendapat penilaian,” pungkas Alief.

Acara itu diharapkannya mampu membranding ‘Pecel Pitek’ khas Banyuwangi sehingga naik kelas dan menjadi salah satu dari khasanan kuliner nasional.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES