Pendidikan

Tim Robotik UMM Libas AS di Kontes Robot Internasional

Senin, 03 April 2017 - 12:14 | 26.26k
Tim robotik UMM yang memenangkan kontes robot internasional (foto: UMM)
Tim robotik UMM yang memenangkan kontes robot internasional (foto: UMM)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Prestasi internasional kembali ditorehkan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur. Kali ini, tim robotik dari Fakultas Teknik yang berhasil mengharumkan nama​ bangsa dalam kontes robot internasional di Trinity College Amerika Serikat, 1-2 April 2017.

Mereka berhasil keluar sebagai pemenang dalam kontes Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC). Dua tim dari UMM memborong juara 1 dan 2 sekaligus untuk kategori robot berkaki. Dua tim tersebut, InaMuh sebagai juara 1 dan tim Unmuh Malang juara 2.

Hebatnya lagi, di babak final, mereka harus bersaing dengan  kontestan lainnya dari Kanada, Tiongkok, Israel, Portugal, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat.

"Tim InaMuh juga meraih juara poster terbaik," kata dosen pembimbing sekaligus ketua rombongan, Ir Alik Ansyori Alamsyah, MT, Senin (3/4/2017).

Dia menjelaskan, ada dua hal yang menjadi keunggulan robot-robot UMM, yaitu kecepatan dan ketepatan.

Kecepatan didapat berkat sepuluh sensor yang dipasang di robot. Delapan sensor ultrasonik dan dua sensor infra merah sebagai sensor jarak. Sensor-sensor tersebut digunakan agar mudah mendeteksi posisi lilin dan dapat menjangkau lilin dengan cepat dan tepat.

Selain itu, robot UMM juga dibekali sensor flame UVTRON-R9454 untuk mendeteksi api lilin.

Sensor ini sangat baik jika dibandingkan dengan sensor flame yang lain, karena mampu menangkap cahaya ultraviolet dengan jangkauan spektrum185 nanometer (nm) sampai 260 nm, di mana jangkauan itu hanya dimiliki oleh gas api. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES