Kesehatan

Buah Salak Ternyata Baik Buat Ibu Hamil

Sabtu, 01 April 2017 - 10:07 | 407.60k
ILUSTRASI: BUAH SALAK (Foto: Tumblr)
ILUSTRASI: BUAH SALAK (Foto: Tumblr)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Buah Salak selalu menjadi kambing hitam dari masalah sembelit. Padahal salak memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil.  

Apa saja manfaat Salak buat ibu hamil?  Berikut pemaparannya. 

Antioksidan

Salah satu manfaat buah salak untuk ibu hamil yaitu sebagai antioksidan. Hal ini tentunya sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit berbahaya selama menjalani kehamilan.

Mencegah anemia

Kandungan zat besi dan tiamin pada buah salak sangat efektif untuk mencegah penyakit anemia ;pada ibu hamil. Seperti yang kita ketahui bahwa zat besi berperan penting dalam membantu pembentukan hemoglobin.

Menjaga kesehatan ibu hamil

Kandungan vitamin dan fitonutrien pada salak sangat berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Kandungan vitamin pada buah salak sangat efektif untuk melawan infeksi penyakit.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah salak untuk ibu hamil yang lainnya yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan detak jantung. Hal ini karena buah salak mengandung kalium.

Mencegah obesitas pada ibu hamil

Kandungan serat pada buah salak sangat efektif untuk menjaga berat badan ideal pada waktu hamil. Salak bisa dijadikan sebagai salah satu makanan untuk diet sehat pada waktu hamil.

Meningkatkan memori janin

Buah salak memiliki kandungan pektin tinggi. Pektin merupakan zat yang sangat dibutuhkan dalam membentuk kecerdasan, memori dan perkembangan janin. Mengkonsumsi buah salak sangat efektif untuk membentuk dan meningkatkan kecerdasan janin di dalam kandungan.

Pembentukan tulang janin

Buah salak ternyata memiliki kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan untuk proses pembentukan tulang janin. Disamping itu, mengkonsumsi buah salak sangat berguna menjaga stamina dan kesehatan ibu hamil.

Mengatasi gangguan asam lambung

Pada trimester pertama biasanya ibu hamil mengalami gejala morning sickness akibat dari peningkatan hormone reproduksi yang menyebabkan asam lambung naik. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, mengkonsumsi buah salak adalah salah satu solusinya. Namun, konsumsi buah salak secukupnya dan jangan berlebihan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES