Peristiwa Daerah

Prajurit Kodim 0825 Ikut Amankan Perayaan Nyepi di Banyuwangi

Selasa, 28 Maret 2017 - 11:51 | 27.81k
Petugas TNI AD jajaran Kodim 0825 Banyuwangi sedang melakukan pengamanan perayaan Nyepi. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Petugas TNI AD jajaran Kodim 0825 Banyuwangi sedang melakukan pengamanan perayaan Nyepi. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perayaan Nyepi umat Hindu di Banyuwangi, Jawa Timur tahun Saka 1939 berlangsung dengan tenang dan khidmat. Ini terjadi setelah seluruh pemuda lintas agama, Pecalang, GP Ansor serta Polres Banyuwangi dan jajaran TNI Kodim 0825 Banyuwangi ikut melakukan pengamanan.

Pengamanan perayaan Nyepi di Bumi Blambangan dilakukan sejak pawai Ogoh-ogoh, Senin malam (27/3/2017).

Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol (Inf) Roby Bulan, mengatakan pengamanan Nyepi dilakukan TNI AD melalui masing-masing Koramil. Tentu saja yang diwilayahnya terdapat umat Hindu. Diantaranya, Koramil Muncar, Tegalsari dan Glenmore.

“Sejak Senin malam anggota sudah diturunkan melalui Koramil untuk melakukan pengamanan hari raya Nyepi,” katanya, Selasa (28/3/2017).

Untuk pawai Ogoh-ogoh di Kecamatan Muncar, pengamanan difokuskan di lapangan Sumbersewu. Selanjutnya, sepanjang hari Selasa, pengamanan dilakukan langsung di wilayah tempat tinggal umat Hindu. Sementara itu, pawai Ogoh-ogoh untuk umat Hindu Kecamatan Tegalsari, terpusat di lapangan Kaligesing, Desa Karangmulyo.

“Di Glenmore, pelaksanaan di Dusun Sugihwaras, Desa Bumiharjo,” cetus Roby.

Pengamanan hari raya Nyepi oleh jajaran Kodim 0825 Banyuwangi, ini tidak hanya dilakukan diarea sekitar pemukiman umat Hindu saja. Namun sejumlah anggota juga diturunkan untuk berjaga di pelabuhan ASDP Ketapang, Kecamatan Kalipuro, yang merupakan pintu masuk menuju pulau Bali.

“Dengan pengamanan ini, kita harapkan umat Hindu yang ada di Banyuwangi, bisa menjalankan ibadah dengan tenang, aman dan khidmat,” pungkas Dandim 0825 Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES